Heboh Nenek-nenek Ngemis Online Lewat TikTok, Mensos: Pelaku yang Buat Orang Tua Mengemis Bisa Dipolisikan

- 14 Januari 2023, 15:08 WIB
 Beredar nenek-nenek 'ngemis online' secara live di TikTok, ini kata Mensos./Kolase Tangkapan layar Instagram/@sayaphati/
Beredar nenek-nenek 'ngemis online' secara live di TikTok, ini kata Mensos./Kolase Tangkapan layar Instagram/@sayaphati/ /
PRIANGANTIMURNEWS - Heboh aksi orang tua yang rela mandi air lumpur di TikTok demi dapat saweran membuat geram warganet.

Dengan adanya fitur live (siaran langsung) para orang tua yang kebanyakan berusia lanjut yang disuruh mandi air lumpur demi mendapatkan gift atau hadiah dari penontonnya.

Bukan satu atau dua akun saja, bahkan kini semakin meresahkan lantaran semakin banyak oknum yang menyiarkan video seperti itu di TikTok.
Baca Juga: Angin Puting Beliung Terjang Sumedang, Warga Histeris dan Panik

Menanggapi hal tersebut, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini buka suara dan menyatakan bahwa tindakan tersebut sama seperti mengemis.

Ia bahkan mengecam pelaku yang tega menyuruh orang tua untuk mengemis hadiah dengan cara live di TikTok.

Menurutnya tindakan demikian sangat keterlaluan dan pelaku bisa dilaporkan ke polisi.
Baca Juga: Taman Alun-alun Singaparna Diresmikan, Ridwan Kamil: Pesan Buat Warga Tasik Jaga Kebersihan dan Ketertiban

Mensos menjelaskan bahwa aksi mengemis dengan cara live TikTok semacam itu merupakan bentuk dari eksploitasi karena memperalat orang tua.

"Pelaku bisa ditangkap polisi, itu kayaknya ada undang-undangnya," ujarnya, dikutip priangantimurnews.com dari ANTARA.

Dilansir daei prfmnews.id, Mensos juga mengatakan akan bersurat dengan pihak-pihak terkait untuk menangani temuan kasus eksploitasi hanya demi hadiah tersebut.

Sebelumnya beredar luas informasi mengenai sejumlah akun di TikTok yang melakukan siaran langsung mandi air lumpur untuk mendapatkan kiriman hadiah dari penonton.
 
Baca Juga: Sejumlah Klub Liga 2 Bantah Minta Liga Dihentikan, Ungkap Adanya Pemalsuan Surat Kesepakatan dari PSSI

Seringkali siaran langsung tersebut melibatkan para orang tua agar bisa lebih mendapatkan rasa iba dari penonton.

Dilansir dari Antara, salah satu akun yang memiliki konten ini adalah akun TikTok Mud Bath @intan_komalasari92 yang mengaku sebagai anak dari pelaku siaran langsung tersebut.

Siaran langsung tersebut membuat warganet geram dan melapor kepada akun-akun resmi institusi pemerintahan hingga aparat penegak hukum untuk menghentikannya dengan cara tagging agar segera mendapat tanggapan.

Bahkan informasi terkait 'ngemis online' ini sudah menjalar ke media sosial lain, salah satunya Instagram.
 
Baca Juga: Kasus KDRT Venna Melinda, Artis Elma Theana Menyampaikan Pernyataan Mengejutkan!

Salah satu akun Instagram @sayaphati mengunggah kebiadaban anak yang melempar baskom kepada orang tuanya yang ingin berhenti mengguyur diri karena sudah tak kuat kedinginan.

"Dear @kemenkominfo @divisihumaspolri apakah ini tidak bisa meniadi alasan untuk menegur aplikasi @tiktokofficialindonesia karena sejak viralnya belum dilakukan apa2 oleh pihak @tiktokofficialindonesia, Live2 seperti ini sangat berbahaya dan takutnya bisa kehilangan nyawa. Tolong responya @kemenkominfo dan @divisihumaspolri," tulis akun @sayaphati bersama dengan unggahan memilukan yang dialami pelaku mandi air lumpur di TikTok.

Selain itu, akun ini juga mengunggah detik-detik seorang nenek yang gemetaran dan akhirnya pingsan saat siaran berlangsung.

"TANGAN NENEK @tiktokofficialindonesia saran min coba sistem regulasi live tiktok ini Ditinjau lagi, entah ada yg mandi lumpur, ini juga sama dan masih banyak live2 kayak gini. Sebelum ada nanti berita dan timbul korban @tiktokofficialindonesia," tulis akun @sayaphati.

Sampai saat ini, warganet tak habis pikir dengan pelaku yang rela mengekploitasi orang tua demi mendapat uang di media sosial.

Bahkan mereka juga mengecam orang-orang yang memberikan gift agar para orang tua mengguyur diri mereka di bak lumpur berjam-jam.***


 Disclaimer: Artikel ini pernah ditayangkan di prfmnews.pikiran-rakyat.com yang berjudul "Viral Live Nenek Mandi Air Lumpur Demi Dapat Gift TikTok, Mensos: Pelaku Bisa Ditangkap Polisi" Penulis Agung Tri Nurcahyo.


 

Editor: Muh Romli

Sumber: prfmnews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x