Musim Terpanas Dunia Tiba Tapi Kota-Kota Indonesia Alami Suhu Dingin, Ada Apa?

- 22 Juli 2023, 15:17 WIB
Pada 18 Juli 2023, Kota Bandung mengalami titik suhu dingin terendah di Indonesia dengan temperatur 16 derajat celcius atau kurang saat dunia mengalami musim terpanas sejak 1000 tahun.
Pada 18 Juli 2023, Kota Bandung mengalami titik suhu dingin terendah di Indonesia dengan temperatur 16 derajat celcius atau kurang saat dunia mengalami musim terpanas sejak 1000 tahun. /Freepik/

PRIANGANTIMURNEWS - Dunia tengah dilanda gelombang panas tertinggi dalam sejarah Juli 2023. Namun kota-kota di Indonesia malah merasakan suhu dingin ekstrim.

Sebenarnya hal tersebut adalah hal yang lumrah terjadi ketika musim panas atau kemarau tiba di suatu wilayah.

Tanda-tanda musim kemarau diantaranya jarang turun hujan, panas sangat terik di siang hari, dan malam yang sangat dingin.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim akan Terjang Beberapa Wilayah Indonesia Hingga 5 Juni 2023

Termasuk di Indonesia yang merupakan negara tropis, perbedaan suhu siang dan malam akan jauh terasa sangat berbeda saat musim kemarau.

Seperti yang terjadi di Kota Bandung, dimana saat kebanyakan wilayah merasakan panas maksimal. Bandung justru mengalami penurunan suhu.

Puncaknya pada tanggal 18 Juli, Kota Bandung mengalami penurunan suhu hingga mendekati 16 derajat celcius.

Baca Juga: Akibat Cuaca Buruk, Lion Air Jakarta-Bengkulu Mendarat di Bandara Pelambang

Bahkan suhu dingin di wilayah tersebut mengalahkan Kota Bogor yang berada di angka 22 derajat celcius pada malam yang sama.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x