Surutnya Air Terjun Victoria Bukti Nyata Perubahan Iklim Dunia

- 4 Desember 2021, 12:53 WIB
Kolase air terjun Victoria dahulu dan sekarang.
Kolase air terjun Victoria dahulu dan sekarang. /Instagram @warungjurnalis/

PRIANGANTIMURNEWS- Air terjun Victoria yang berada di perbatasan Zimbabwe dan Zambia ini bisa menjadi bukti nyata perubahan iklim dunia.

Pada tahun 2019 silam, air terjun terbesar di Afrika itu berhenti mengalir. Aliran deras di air terjun setinggi lebih dari 100 meter dan lebar 1,7 km itu tiba-tiba berubah bak keran macet.

Gemuruh yang biasanya terdengar berubah hening. Kekeringan di air terjun Victoria ini pun disebut sebagai kekeringan akibat perubahan iklim terparah di abad ini.

Baca Juga: Menyedihkan, UMK Kabupaten Subang 2022 Tidak Naik

Aliran sungai Zambezi yang menjadi sumbernya berkurang tiga kali lipat hingga akhirnya mengering. Padahal, air terjun ini merupakan salah satu daya tarik pariwisata Zimbabwe dan Zambia.

Alhasil, tak hanya air yang mengering, namun juga pemasukan para pelaku pariwisata di daerah tersebut. Pasokan listrik yang bergantung pada PLTA dari air terjun juga tak mengalir.

Presiden Zambia Edgar Lunggu mengatakan kala itu bahwa mengeringnya air terjun Victoria menjadi pengingat yang mencolok akan bahaya perubahan iklim.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah