Prajurit Militer Singapure Berperan Besar dalam Memperkuat Pertahanan Negara

- 27 Februari 2022, 23:21 WIB
LTC Tung Wanling, Komandan dari fregat siluman kelas Tangguh RSS Tenacious.
LTC Tung Wanling, Komandan dari fregat siluman kelas Tangguh RSS Tenacious. /MINDEF/

PRIANGANTIMURNEWS- Melayani di Angkatan Bersenjata Singapura telah memungkinkan para sarjana ini memiliki rasa kewajiban yang kuat terhadap negara.

Karier di Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) hadir dengan peluang dan tantangan yang dinamis, membawa Anda pada petualangan yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Letnan Kolonel (LTC) Tung Wanling, misalnya, bergabung dengan kapal perusak Angkatan Laut Republik Korea, ROKS Choi Young pada tahun 2009, ketika ia masih menjadi perwira junior di RSN. Kapal perang ROKN sedang berlayar dalam pelayaran perdananya keliling dunia.

Baca Juga: KABARU BARU KASUS SUBANG, Dua Korban Kemungkinan Dieksekusi di Tempat Berbeda?

Selama hampir sebulan sebagai petugas navigasi, dia memandu kapal perang di seluruh dunia dari Toulon, Prancis, melalui Terusan Suez dan melintasi perairan Samudra Hindia yang bergejolak, memanggil Alexandria dan Djibouti di sepanjang jalan.

“Itu adalah pengalaman yang membuka mata yang memungkinkan saya untuk lebih menghargai persamaan dan perbedaan budaya, struktur organisasi dan proses di berbagai angkatan laut,” kenang LTC Tung.

Dalam 15 tahun terakhir, tidak ada dua hari yang sama bagi penerima Beasiswa Merit SAF LTC Tung – dan justru itulah yang paling dia nikmati selama menjadi petugas di RSN.

Saat ini, sebagai Komandan dari kapal fregat siluman RSS Tenacious, dia bertanggung jawab untuk memimpin awak yang berjumlah lebih dari 70 orang untuk berpatroli di perairan Singapura, serta ikut serta dalam latihan dengan angkatan laut asing. Tujuan mereka bukan hanya untuk unggul dalam misi yang ditugaskan, tetapi untuk mengibarkan bendera RSN dan Singapura setinggi-tingginya.

Baca Juga: Chelsea Berdoa untuk Perdamaian Atas Situasi Mengerikan di Ukraina

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Strait Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah