YUK Wisata ke Goa Pawon di Jawa Barat Sambil Lihat Jejak Kehidupan Manusia Purba

- 27 Februari 2022, 22:05 WIB
Wilayah Jawa Barat tak hanya dikenal sebagai tempat wisata gunung, pantai dan sejarah, tetapi juga ada wisata Goa. Salah satunya Goa Pawon  di kawasan Karst Citatah Kabupaten Bandung Barat
Wilayah Jawa Barat tak hanya dikenal sebagai tempat wisata gunung, pantai dan sejarah, tetapi juga ada wisata Goa. Salah satunya Goa Pawon di kawasan Karst Citatah Kabupaten Bandung Barat /Novi Nurulliah/Pikiran Rakyat

PRIANGANTIMURNEWS - Jawa Barat bukan hanya dikenal sebagai wisata alamnya, seperti wisata pantai, gunung, sungai dan wisata sejarah, namun juga memiliki tempat wisata alam berupa Goa.

Wisata Goa di Jawa Barat pling tidak ada empat goa yang dapat dikunjungi wisatawan. Dua di antaranya ada di wilayah Bandung Raya tepatnya di Kabupaten Bandung Barat.

Yang pertama Goa Pawon yang terletak di kawasan Karst Citatah yang terkenal dengan bebatuan purbanya di Kabupaten Bandung Barat. Gua ini merupakan salah satu bukti otentik eksistensi Danau Bandung Purba.

Baca Juga: Dicaci Maki di Depan Umum, Petugas TKSK Pasirwangi Melaporkan Kades Pasirkiamis ke Polres Garut

Undakan tangga batu dan suara cicitan kelelawar akan menyambut traveler begitu menapaki tangga menuju bibir gua. Pilar batu paduan stalakmit dan stalagmit sepanjang belasan meter, seolah menjadi penyangga atap gua yang ditembus sinar mentari.

Tak bisa terbayangkan, berapa lama proses tersebut terjadi, sebab pertambahan stalakmit hanya 0,2 mm per tahun. Di gua ini juga, traveler bisa melihat jejak-jejak kehidupan manusia purba.

Beberapa waktu lalu, arkeolog dari Universitas Padjadjaran (Unpad) melakukan eskavasi di Gua Pawon. Di sini, ilmuwan menemukan kerangka, gigi, tembikar, hingga mata tombak yang digunakan manusia purba untuk berburu.

Baca Juga: Siapa sangka Lagu Sunda Panon Hideung Ternyata Berasal dari Ukraina Rusia

Gua di antara pegunungan kapur ini juga lekat dengan hikayat Sangkuriang. Konon, Dayang Sumbi yang merupakan ibunda dari Sangkuriang dikisahkan pernah tinggal di dalam Gua Pawon sebelum bertemu kembali dengan Sangkuriang di sekitar Tangkuban Perahu saat ini.

Gua Pawon beralamat di Kp. Cibukur, Gunungmasigit, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Traveler cukup merogoh kocerk Rp 5 ribu - Rp 10 ribu untuk bisa menjelajahi gua purba ini.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah