Latihan Perang Gabungan AS-Indonesia akan Diperluas ke 14 Negara saat Ketegangan Membara di Indo-Pasifik

- 16 April 2022, 22:30 WIB
Latihan perang gabungan AS-Indonesia akan diperluas ke 14 negara saat ketegangan membara di Indo-Pasifik
Latihan perang gabungan AS-Indonesia akan diperluas ke 14 negara saat ketegangan membara di Indo-Pasifik /edition.cnn.com/

PRIANGANTIMURNEWS- Militer Indonesia dan Amerika Serikat memperluas latihan bilateral tahunan mereka ke 14 negara peserta, kata Angkatan Darat Indonesia dalam rilis berita Kamis.

Pasukan dari Inggris, Australia, Jepang, Malaysia, Singapura dan Kanada akan bergabung dalam latihan Garuda Shield 2022 dari 1 hingga 14 Agustus, kata militer.

Edisi ke-16 dari latihan perang akan mencakup latihan tembakan langsung, operasi khusus dan komponen penerbangan di antara disiplin ilmu lainnya, tambahnya.

Baca Juga: Menkeu: Defisit APBN 2023 Berkisar Antara 2,81 hingga 2,95 Persen dari PDB

Perluasan latihan itu dilakukan pada saat ketegangan memanas di kawasan itu, dengan para analis mengatakan langkah itu menandakan Indonesia telah bergerak lebih dekat ke AS daripada China dalam kerja sama militer.

Garuda Shield tahun lalu melibatkan dua divisi Angkatan Darat AS - sekitar 1.000 tentara - serta rekan-rekan Indonesia mereka dalam apa yang dikatakan Angkatan Darat AS sebagai edisi terbesar dari latihan perang hingga saat ini.

Baca Juga: Menkeu: Pemerintah Anggarkan Rp30 Triliun di Tahun 2023 untuk Pembangunan IKN

"Latihan bersama Garuda Shield selama dua minggu terus memperkuat Kemitraan Pertahanan Utama AS - Indonesia dan memajukan kerja sama dalam mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata pernyataan Angkatan Darat AS sebelum latihan tahun lalu.

Indonesia tidak memberikan perkiraan berapa jumlah pasukan dari masing-masing 14 negara yang akan mengikuti Garuda Shield tahun ini.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: CNN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah