Yuks Mengenal Andalusia, dari sejarah Hingga Derbinya!

- 18 Mei 2022, 19:55 WIB
Ilustrasi Andalusia./Pixabay
Ilustrasi Andalusia./Pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS- Soal Komunitas Otonom dalam satuan wilayah Spanyol ini sering bikin bingung dan salah diterjemahkan sebagai provinsi.

Padahal, provinsi juga tetap ada satuan wilayahnya di Spanyol. Contoh buat Sevilla; Sevilla adalah kotanya, sementara Andalusia adalah komunitas otonomnya. Namun, provinsi mereka juga namanya Sevilla. Bingung, kan?

Hims Al-Andalus, bersama Granada, Andalusia jadi wilayah Spanyol yang tercantum dalam sejarah penaklukan Islam di Eropa.

Baca Juga: Persyaratan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB 2022) Mulai dari Umum, Khusus, Sampai Peserta Didik SLB

Sebelumnya bernama Hisbal dari bahasa Funisia, artinya "dataran rendah". Kata Hisbal ini yang kemudian lama kelamaan berubah menjadi Sevilla.

Ketika Daulah Umayyah melebarkan teritorinya ke Spanyol, nama kota diubah jadi Hims Al-Andalus ().

Diambil dari kota Hims yang ada di Suriah karena waktu itu pusat pemerintahan Daulah Umayyah ada di Damaskus, Suriah. Andalus sendiri berasal dari Vandal, bangsa Germanik yang sempat mendiami (bukan nyuekin tapi) wilayah Spanyol.

Baca Juga: Korban Tenggelam Ditemukan Setelah 3 Hari Pencarian Oleh Tim SAR Kalimantan Utara

Kesalahpahaman lain adalah soal Derbi Andalusia yang ditujukan untuk laga antara Real Betis vs Sevilla. Padahal, persaingan keduanya sebetulnya memiliki nama El Gran Derbi atau Derbi Sevillano.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @box2boxbola


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x