Di Sela-Sela World Economic Forum, Empat Perjanjian Bilateral Indonesia - Swiss Berhasil Ditandatangani

- 30 Mei 2022, 20:35 WIB
Empat Perjanjian Bilateral Indonesia - Swiss Berhasil Ditandatangani.
Empat Perjanjian Bilateral Indonesia - Swiss Berhasil Ditandatangani. /Kemlu.go.id/Bern

PRIANGANTIMURNEWS- Selama World Economic Forum (WEF) di Davos yang berlangsung pada 22-26 Mei 2022, KBRI Bern telah memfasilitasi empat kesepakatan, yaitu kerjasama investasi Bilateral Investment Treaty (BIT).

Kesepakatan antara Kamar Dagang dan Industri ( Kadin) and Economiesuisse, Perjanjian antara Kadin Indonesia dan Innosuisse dan Perjanjian Pendirian Indonesia Trading House (ITH) antara Kadin Indonesia dengan Pasar Indonesia Versand, Swiss.

“WEF tahun ini sedikit berbeda, selain diadakan pada musim panas untuk pertama kalinya, juga karena kesepakatan yang ditandatangani antara pihak Indonesia dan Swiss,” kata Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad.

Baca Juga: Perkembangan Proses Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Aare Bern Swiss

Pemerintah Swiss menjadi tuan rumah perjanjian tiga perjanjian, yaitu BIT, Kadin dan Economiesuisse, dan perjanjian Kadin dan Innosuisse yang dilakukan di House of Switzerland (24/05).

Dari pihak Pemerintah Indonesia, penandatanganan BIT dilakukan oleh Menteri Penanaman Modal/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadia, disaksikan oleh Guy Parmelan, Menteri Ekonomi, Pendidikan dan Penelitian Swiss.

Sementara itu, kesepakatan antara Kadin dan Innosuise serta kesepakatan antara Kadin dan Economiesuisse disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan RI dan Dubes RI untuk Swiss dan Liechtenstein.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Ulum Sementara Jadi PLH Gubernur, Selama Ridwan Kamil di Swiss Pantau Pencarian Eril

Sementara itu, kesepakatan pendirian Indonesia Trading House atau ITH secara resmi ditandatangani di sela-sela acara WEF di Paviliun Indonesia (25/05).

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: kemlu.go.id/bern


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x