Mengagetkan! Artefak Kapal Kuno Berusia 400 Tahun Ditemukan di Sungai Trave Jerman

- 12 Agustus 2022, 13:00 WIB
Potret arkeolog menemukan artefak kapal kuno di sungai Trave Jerman / instagram/@gtvindonesia_news //
Potret arkeolog menemukan artefak kapal kuno di sungai Trave Jerman / instagram/@gtvindonesia_news // /

PRIANGANTIMURNEWS- Artefak kapal kargo unik dari zaman periode Hanseatic yang diketahui berusia 400 tahun telah ditemukan di dalam dasar sungai Trave Jerman. Sungai ini mengarah ke kota Lubeck.

Pada saat ditemukan, posisi kapal tidak terbalik. Bahkan hampir tegak dan diketahui beberapa bagian terlihat masih utuh.

Salah satu bagian artefak yang utuh adalah tong yang berisi kapur yang di bawahnya terlihat untuk industri pembuatan batu berabad-abad yang lalu.

Baca Juga: Viral! Mahasiswa Baru UNTIRTA Banten Alami Intimidasi dari Senior Saat Ospek

Sisa-sisa artefak kapal pertama kali telah ditemukan di tahun 2020. Hal ini diketahui karena survei sonar rutin oleh otoritas saluran navigasi di sungai Trave.

Penemuan artefak kapal itu terletak pada kedalaman sekitar 11 meter di bentangan luar sungai yang didominasi air asin. Tempat itu di antara Lubeck dan pelabuhan Travemunde ke jalur Laut Baltik.

Para arkeolog berpendapat, kapal ini diperkirakan digunakan sekelompok serikat perdagangan Eropa utara yang pada saat itu mendominasi Laut Baltik dan Laut Utara dari abad ke-13.

Baca Juga: LPSK Mengaku Bingung Dengan Kondisi Putri Candrawathi, Psikiater Masih Mencari Tahu Tentang Hal Ini

Menurut Frits Jurgens, yang diketahui sebagai arkeolog maritim Universitas Kiel di Jerman mengatakan, kota-kota dan serikat pekerja di Jerman utara dan beberapa tempat di Eropa membentuk blok yang sukses dan mendominasi perdagangan di seluruh Baltik dan Laut Utara.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: gtvindonesia_news


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x