Erdogan Sebut Bom Istanbul Turki Berbau Terorisme

- 14 November 2022, 14:27 WIB
Potret jalan di Istanbul setelah terjadi ledakan bom yang disebut Erdogan berbau terorisme.
Potret jalan di Istanbul setelah terjadi ledakan bom yang disebut Erdogan berbau terorisme. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Enam orang tewas dan 81 lainnya terluka pada hari Minggu ketika sebuah ledakan mengguncang jalan pejalan kaki yang sibuk di pusat Istanbul dalam apa yang disebut Presiden Turki Tayyip Erdogan sebagai serangan bom yang "berbau seperti terorisme".

Ratusan orang melarikan diri dari Istiqlal Avenue yang bersejarah setelah ledakan, ketika ambulans dan polisi bergegas masuk. Daerah itu, di distrik Beyoglu di kota terbesar Turki, telah ramai seperti biasa pada akhir pekan dengan pembeli, turis, dan keluarga.

Beberapa jam setelah ledakan, Wakil Presiden Fuat Oktay mengunjungi lokasi tersebut untuk memberikan korban tewas dan cedera terbaru, dan berjanji untuk menyelesaikan masalah ini "segera".

Baca Juga: 2 Orang Tewas Akibat Bentrok di Maluku Tenggara

Pihak berwenang kemudian mengatakan seorang pekerja kementerian pemerintah dan putrinya termasuk di antara yang tewas. Lima orang dirawat intensif di rumah sakit, dua di antaranya dalam kondisi kritis.

Tidak ada yang mengklaim dan bertanggung jawab atas ledakan itu.

Istanbul dan kota-kota Turki lainnya telah menjadi sasaran di masa lalu oleh separatis Kurdi, militan Islam dan kelompok lain, termasuk dalam serangkaian serangan pada tahun 2015 dan 2016.

Baca Juga: Ini 4 Tim Favorit yang Dijagokan Karim Benzema untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022

“Upaya untuk mengalahkan Turki dan rakyat Turki melalui terorisme akan gagal hari ini seperti yang mereka lakukan kemarin dan besok,” kata Erdogan pada konferensi pers sebelum terbang ke Indonesia untuk menghadiri pertemuan puncak Kelompok 20 ekonomi terkemuka (KTT G20 Bali 2022).

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x