Luar biasa!Relawan Indonesia Bantu Proses Evakuasi Korban Gempa Turki

- 11 Februari 2023, 19:35 WIB
Relawan rescue RI Eko Sulistio yang dikirim pemerintah Indonesia ke Turki/tangkap layar dari live metrotv/
Relawan rescue RI Eko Sulistio yang dikirim pemerintah Indonesia ke Turki/tangkap layar dari live metrotv/ /

PRIANGANTIMURNEWS - Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut mengirimkan bantuan ke Turki untuk mengevakuasi korban gempa

Eko Sulistio salah seorang relawan rescue RI yang dikirim pemerintah Indonesia ke Turki untuk membantu proses evakuasi korban gempa disana.

Eko juga memberikan keterangan terkait rencana evakuasi para korban gempa bersama tim relawan dari negara lain.

Baca Juga: 31 Rumah Milik Warga di Jepada Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Eko menuturkan perjalanan awal dimulai dari Adana menuju Gaziantet dengan personil 10 orang yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang search and rescue.

Sebelum begabung dalam penyelamatan korban gempa dia memang sudah sering bolak-balik ke daerah Gaziantet dan Kilis untuk respon bencana kemanusiaan di Suriah.

Setelah adanya gempa yang berkekuatan besar dan banyak bangunan yang runtuh, maka lembaga kemanusiaan lokal setempat menawarkan untuk segera bergabung.

Baca Juga: Kasus Kelingking Bayi Tergunting, Keluarga Korban Siap Berdamai Asal Pihak RS dan Perawat Penuhi Hal Ini!

"Ada tiga tim rescue lain yang saat itu berangkat bareng dengan tim rescue dari Indonesia yaitu tim dari Swiss, tim dari Yunani dan tim dari Jerman", ujar Eko.

Namun perjalanan mereka menurut Eko sempat tertunda di Istambul dikarenakan padatnya jadwal penerbangan dan banyaknya relawan lokal Turki yang akan berangkat, sehingga untuk sementara mereka mengisi desk relawan guna mencari informasi lokasi terdampak gempa.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Metro TV


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x