Xi Jinping Apresiasi Pelestari Budaya: Perabadan Tiongkok Maju Karena Konsisten Pertahankan Warisan Budaya

- 9 Juni 2023, 20:00 WIB
Peradaban Tiongkok di masalalu yang maju akibat rakyat konsisten pertahankan warisan leluhur. Sumber foto: Pexels.com @Michael Li
Peradaban Tiongkok di masalalu yang maju akibat rakyat konsisten pertahankan warisan leluhur. Sumber foto: Pexels.com @Michael Li /

PRIANGANTIMURNEWS - Mengutip Rilis Pers Kantor Berita ANTARA Jumat, 9 Juni 2023 bertajuk, "CGTN: Mengapa pelestarian warisan budaya sangat penting bagi Tiongkok?" menyebut Presiden Xi Jinping telah mengapresiasi pelestari budaya di negaranya karena kagum dengan kerja restorasi benda kuno yang telah berusia ribuan tahun.

 

Menurut Xi Jinping peradaban Tiongkok maju karena masyarakatnya konsisten dalam mempertahankan warisan budaya.

Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh seorang pakar pelestarian barang peninggalan Dinasti Han bernama Ma Yanru. Pria berusia 59 tahun ini telah bekerja keras merestorasi pedang yang usianya sudah 2000 tahun silam.

Baca Juga: Pengiriman 123 PMI ilegal ke Malaysia Digagalkan Satgas TPPO Polri

Ketika Yanru meneliti lebih dalam mengenai pedang peninggalan Dinasti Han ini, ia menemukan ada benang berlapis emas yang dilengkapi dengan bulir kayu di sarung pedang.

Penemuan bulir kayu di sarung pedang menyimpulkan Yanru bahwa saat itu Tiongkok memiliki alam yang subur –sebab bulir kayu ini (sarung pedang) bahan yang digunakan berasal dari hutan yang ditumbuhi pohon berdaun lebar.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x