Inilah Rangkaian Kegiatan Para Jamaah Haji Setelah Melaksanakan Wukuf di Arafah

- 1 Juli 2023, 12:30 WIB
Para jamaah haji sedang melakukan lempar jumrah/Kemenag DIY/
Para jamaah haji sedang melakukan lempar jumrah/Kemenag DIY/ /

PRIANGANTIMURNEWS - Wukuf adalah kegiatan puncak pada rangkaian ibadah haji. Kegiatan ini telah dilakukan para jamaah haji pada Selasa, 27 Juni 2023 lalu.

Tetapi setelah melaksanakan wukuf di Arafah para jamaah haji masih melakukan aktivitas lainnya. Berikut beberapa aktivitas yang dilakukan jamaah haji setelah melakukan wukuf.

Dilansir dari Instagram #umrah. Kegiatan pertama yang dilakukan para jamaah haji adalah Mabit di Muzdalifah.

Baca Juga: Jamaah Ibadah Haji Memadati Padang Arafah untuk Memulai Ritual Wukuf

Muzdalifah adalah tempat yang berlokasi diantar Arafah dan Mina. Setelah tengah malam, jamaah haji berangkat dari Arafah ke Mina. Sesampainya di Muzdalifah, mereka berhenti sejenak. Amalan ini disebut Mabit.

Aktivitas kedau adalah bermalan di Mina. Ketika mabit di Mina, jamaah fokus melakukan berbagai ibadah. Memperbanyak zikir, mengingat dan mengagungkan Allah. Baik dengan memperbanyak membaca Al Qur'an, wirid dan amalan lainnya.

Aktivitas lainnya adalah melempar jumrah Ula, Wustho dan Aqobah. Setelah melempad jumrah, para jamaah haji kemudian melakukan thawaf wada.

Baca Juga: Masa Tunggu Menunaikan Ibadah Haji di Malaysia Bisa Sampai 141 Tahun! Berikut Penjelasannya!

Thawaf wada adalah thawaf perpisahan. Artinya  telah selesainya melakukan rangkaian ibadah haji dan para jamaah haji diperkenankan pulang ke negaranya masing-masing.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Instagram @haji


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x