Peringatan Genosida Srebrenica: Pembantaian Muslim dan Janji PBB yang Dipertanyakan

- 12 Juli 2023, 07:30 WIB
Kerabat korban genosida Juli 1995 menangis di Pemakaman Peringatan Potocari menjelang peringatan 28 tahun genosida Srebrenica, di Srebrenica, Bosnia dan Herzegovina pada 11 Juli 2023.( Samir Jordamovic - Anadolu Agency )
Kerabat korban genosida Juli 1995 menangis di Pemakaman Peringatan Potocari menjelang peringatan 28 tahun genosida Srebrenica, di Srebrenica, Bosnia dan Herzegovina pada 11 Juli 2023.( Samir Jordamovic - Anadolu Agency ) /

PRIANGANTIMURNEWS - Tragedi Genosida Srebrenica adalah pembantaian paling mengerikan di era modern terhadap umat Muslim Bosnia oleh Militer Serbia dan Tentara Bayaran.

Serta pengkhianatan janji yang dilakukan terhadap umat Muslim Bosnia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kontingen Militer Belanda yang berjumlah 400 orang.

Ratusan sukarelawan Rusia dan bahkan juga Ukraina yang saat ini berkonflik satu sama lain, juga terlibat dalam aksi genosida tersebut.

Baca Juga: Idul Adha Umat Muslim Dikritik Komunitas Vegetarian India

Dalang utama dari Genosida Srebrenica adalah Tentara Republik Srpska yang di pimpin oleh Jenderal Ratko Mladic.

Ironisnya, dirinya baru ditetapkan sebagai tersangka pada 27 Februari 2007. Menjadi buronan internasional dan tertangkap pada 26 Mei 2011.

Pasukan bayaran 'Scorpion' yang menjadi tangan kanan Kementrian Dalam Negeri Serbia adalah pelaku eksekusi utama. bersama sukarelawan Rusia dan Ukraina.

Baca Juga: 15 Berita Transfer Paling Wow: No 8 Mantan Bosnia ke Persis?  Persija Mengincar Bek Sayap PSIS Dll….

Pembantaian itu menyebabkan lebih dari 8000 korban jiwa dengan korban rata-rata adalah Muslim Laki-Laki dan Remaja.

Tujuan dari Genosida Serebrenica yang sebenarnya didalangi pasukan Serbia, itu berusaha merebut wilayah dari Muslim Bosnia dan Kroasia untuk membentuk negara.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Anadolu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x