Ihsan Ali, Mahasiswa Universitas Al Azhar Cairo Asal Kota Tasikmalaya yang Mempunyai Cita-Cita Mulia

- 26 September 2023, 08:00 WIB
Muhammad Ihsan Ali,Lc (kanan) bersama rektor Ushuluddin Universitas Al Azhar Cairo Syekh Abdul Fattah Al-Awary/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
Muhammad Ihsan Ali,Lc (kanan) bersama rektor Ushuluddin Universitas Al Azhar Cairo Syekh Abdul Fattah Al-Awary/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi merupakan dambaan setiap santri. Begitu juga dengan Muhammad Ihsan Ali (24).

Santri dari Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda'wah Condong Kota Tasikmalaya ini pada 2018 berkat kegigihannya dan do'a dari orang tuanya Ihsan berhasil masuk ke Universitas Al Azhar Cairo Mesir lewat jalur beasiswa.

Hal tersebut diungkapkan Muhammad Ihsan Ali kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com pada Senin, 18 September 2023 ketika bertemu di Mekkah.

Baca Juga: Pertemuan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Mekkah saat Haji, Tuai Kesan Pilpres 2024 yang Sejuk

Menurut Ihsan,dirinya berhasil melalui tes yang diselenggarakan oleh Kemenag Republik Indonesia. Proses seleksi terdiri dari dua kategori yakni tes lisan dan tes tulisan.

"Alhamdulillah berkat do'a orang tua, dari 9.700 orang calon mahasiswa yang mendaftar, 1.800 orang yang diterima dan saya termasuk diantaranya. Alhamdulillah saya masuk rangking 20 besar," ungkap Ihsan yang asli Madura tapi fasih Bahasa Sunda ini.

Ihsan yang merupakan putra kesayangan dari Masduki (ayah) dan Siti Maesyaroh (ibu) ini mengaku selain dirinya pada 2018 lalu,dari Ponpes Riyadlul Ulum Wadda'wah ada 15 orang santri yang diterima di Al Azhar lewat jalur yang sama.

Baca Juga: Anti Mainstream, Pesantren Darul Arqam di Garut Study Tour Sekaligus Umrah ke Mekkah

Di Universitas Al Azhar ini,Ihsan mengambil jurusan Ushuluddin Ulumul Hadist.Jurusan ini kata Ihsan mempelajari ulumul tafsir, ulumul hadist, akidah filsafat dan ilmu dakwah. Ketika Ihsan kuliah di tingkat tiga, dia fokus ke ilmu hadist.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x