Tiongkok Klaim Laut China Selatan, Usul Bentuk Komunitas Maritim Sebagai Langkah Awal

- 27 September 2023, 07:30 WIB
Ilustrasi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara. Menjadi wilayah yang ikut terklaim oleh batas imajiner milik China yang disebut 'Nine Dashed Line'. 
Ilustrasi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara. Menjadi wilayah yang ikut terklaim oleh batas imajiner milik China yang disebut 'Nine Dashed Line'.  /ANTARA/

PRIANGANTIMURNEWS - Laut China Selatan hingga saat ini masih menjadi titik panas antara Tiongkok (China) dengan negara-negara ASEAN.

China sebelumnya telah mengklaim hampir seluruh kawasan perairan di Laut China Selatan sebagai bagian dari wilayahnya.

Klaim Tiongkok atas Laut China yang disebut 'Nine Dashed Line', juga menyeret ketegangan kawasan antara Indonesia dan China yang melibatkan perairan utara di pulau Natuna.

Baca Juga: TNI Pastikan KTT ke-43 ASEAN Jakarta Berjalan Aman

Disamping itu Brunei Darussalam, Malaysia, Vietnam, dan Filipina juga mengklaim berdaulat di Laut China Selatan.

Kondisi tersebut menjadi semakin kompleks ketika kawasan sengketa tersebut menyeret nama Amerika Serikat (US) untuk ikut andil dalam permasalahan wilayah tersebut.

Dalam hubungan Filipina dengan AS yang semakin menguat, telah memberikan akses yang lebih bebas ke pangkalan militer Washington.

Baca Juga: ASEAN Tegaskan Sikap Adil dan Komperhensif dalam Konflik Palestina-Israel demi Stabilitas Timur Tengah

Menjadi markas laihan militer gabungan terbesar antara kedua negara tersebut. Kondisi tersebut dianggap sebagai hal yang provokatif oleh Beijing.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x