Houthi Bersumpah Karamkan Kapal Tujuan Israel, AS Umumkan Koalisi Patroli Laut Merah

- 20 Desember 2023, 07:02 WIB
Ilustrasi Kapal Minyak - Houthi bersumpah akan terus menyerang kapal-kapal Israel atau bertujuan Israel. AS bentuk koalisi patroli di Laut Merah seiring meningkatnya ketegangan. 
Ilustrasi Kapal Minyak - Houthi bersumpah akan terus menyerang kapal-kapal Israel atau bertujuan Israel. AS bentuk koalisi patroli di Laut Merah seiring meningkatnya ketegangan.  /Anadolu/

PRIANGANTIMURNEWS - Pasukan Houthi dari Yaman bersumpah akan terus karamkan Kapal Komersial Amerika Serikat (AS) bertujuan Israel atau Kapa-Kapal Israel.

Setelah negara pembantu utama Israel itu, mengumumkan koalisi patroli di Laut Merah dengan 10 negara aliansi untuk melawan Houthi.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan pada hari bahwa Bahrain, Kanada, Perancis, Italia, Seychelles dan Inggris.

Baca Juga: Israel Paksa Tahanan Gaza Pakai Rompi Peledak, Parlemen Prancis Menuntut Sanksi

Termasuk di antara negara-negara yang bergabung dalam koalisi patroli multinasional di Laut Merah.

Koalisi tersebut diumumkan pada Selasa, 19 Desember 2023. Setelah satu hari insiden penembakan dua Kapal dengan tujuan Israel oleh rudal.

Serangan tersebut diketahui adalah balasan terhadap AS setelah penembakan lusinan drone milik Houthi pada Sabtu, 16 Desember 2023 lalu.

Akibat ketegangan tersebut, Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) dalam akun X-nya, menyarankan kapal-kapal untuk berhati-hati dalam melakukan transit.

Baca Juga: Israel Paranoid: Bangun Tembok Anti-Terowongan Hamas di Perbatasan Mesir sampai Gaza

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x