Gempa Jepang Picu Pesan Simpati Tak Terduga Dari Pemimpin Korut Kim Jong Un

- 6 Januari 2024, 12:35 WIB
Puing-puing berserakan dan kendaran amblas masuk jalan yang rusak akibat gempa terlihat di Kota Wajima, Prefektur Ishikawa, Jepang, pada 5 Januari 2024./Kyodo
Puing-puing berserakan dan kendaran amblas masuk jalan yang rusak akibat gempa terlihat di Kota Wajima, Prefektur Ishikawa, Jepang, pada 5 Januari 2024./Kyodo /

PRIANGANTIMURNEWS - Kim Jong Un, Pemimpin Korea Utara, mengirimkan pesan simpati yang mengejutkan kepada Fumio Kishida, Perdana Menteri Jepang, menyusul gempa mematikan yang melanda Jepang saat perayaan tahun baru.

Pesan tersebut, yang dikirim pada Jumat 5 Januari 2024, mengekspresikan harapan tulus dari Kim agar orang-orang yang terkena dampak gempa dapat segera pulih dan kembali ke kehidupan yang normal mereka.

Dalam pesannya, Kim Jong Un menyampaikan rasa simpatinya serta belasungkawa mendalam kepada Kishida, keluarga korban, serta para korban yang berduka atas tragedi gempa yang merenggut banyak nyawa dan menyebabkan kerugian materi.

Baca Juga: Gempa M5,9 Sukabumi Merusak Sejumlah Rumah, BPBD Himbau Agar Tidak Panik Dan Tetap Waspada

Langkah ini menarik perhatian, terutama mengingat bahwa Korea Utara dengan Jepang tidak mempunyai hubungan diplomatik yang resmi.

Menurut laporan dari kantor berita resmi Korut, KCNA, ini merupakan pesan pertama Kim Jong Un yang dikirimkan kepada Perdana Menteri Jepang.

Sebelumnya, kantor berita Radio Press, memantau media-media resmi di Korea Utara, juga melaporkan bahwa gempa dan kerusakan akibatnya di Jepang pada awal pekan ini.

Baca Juga: Akibat Gempa 4.8 Magnitudo di Sumedang Puluhan Rumah Terancam Rusak

Di tahun 2011, pada saat gempa bumi dan tsunami melanda timur laut Jepang, mendiang pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il, mengirimkan bantuan senilai 500 ribu dolar AS kepada warga Korea pro-Pyongyang yang menjadi korban bencana tersebut.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Kyodo-OANA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x