Situs Tinggalan Umat Budha Ditemukan di Indramayu

- 14 Desember 2020, 08:54 WIB
TIM tengah melakukan ekskavasi di situs Dingkel  di Blok Dingkel, Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.
TIM tengah melakukan ekskavasi di situs Dingkel di Blok Dingkel, Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. /Pikiran Rakyat/Gelar/

PRIANGANTIMUR NEWS - Di Indramayu tepatnya di Blok Dingkel, Desa Sambimaya di Blok Dingkel, Desa Sambimaya Kecamatan Juntinyuat ditemukan situs bata merah.

Situs Dingkel tersebut diduga merupakan peninggalan umat Budha yang bermukim di tempat itu.

Proses ekskavasi situs telah dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu.

Baca Juga: Asrama Haji Jadi Pusat Isolasi Pasien Covid-19, Disiapkan 5 Lubang dan Peti Mati

Bahkan struktur bangunan situs dengan bahan bata tersebut sudah terlihat jelas struktur bangunannya.

Namun  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu sepakat untuk menghentikan sementara kegiatan ekskavasi awal terhadap temuan struktur bata di situs Dingkel, di Blok Dingkel, Desa Sambimaya Kecamatan Juntinyuat.

Penghentian sementara ini disebabkan batas akhir penganggaran program ekskavasi yang dimulai sejak tanggal 2 Desember hingga 11 Desember 2020.

Baca Juga: Kekerasan Seksual Daring Makin Meningkat, Korban Malu Lapor

Tim arkeolog dari BPCB Banten dan TACB Kabupaten Indramayu melakukan penutupan temuan dengan menggunakan plastik dan melakukan pengurugan terhadap temuan.

Tim arkeolog juga mengamankan fragmen atau pecahan bata merah ke tempat yang aman dari aktivitas masyarakat.

Halaman:

Editor: Ahmad Ramadan

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah