Manfaat Tersembunyi dibalik Bergosip Menurut Psikologi

- 10 Desember 2020, 10:10 WIB
Berkumpul bareng sahabat
Berkumpul bareng sahabat /Istockphoto/10 Desember 2020 /
PRIANGANTIMURNEWS- Membicarakan kebaikan dan keburukan orang lain sudah menjadi hal lumrah bagi sebagian orang. Seperti sudah menjadi sesuatu yang wajib ketika nongkrong dan berkumpul dengan teman-teman.
 
Waktu yang paling ditunggu-tunggu adalah hari libur. Selain merefleksikan badan dari rasa penat. Tak kurang apabila tidak bergosip, mungkin sejumlah wanita biasanya menjadikan momen hati libur untuk bertemu dengan para sahabat.
 
 
Berkumpul, mengobrol dan bergosip ibaratkan teh tanpa gula, kopi tanpa inspirasi. Kebiasaan ini sudah menjadi wajib banget bagi wanita ketika sedang berkumpul.
 
Dibalik bahasan pembicaraan, ternyata ada manfaat tersembunyi dibalik bergosip bareng sahabat :
 
1. Menyadari Kelemahan Diri
 
Tanpa sadar manfaat dari bergosip justru akan menyadari kelemahan diri, agar setiap sikap dan perilaku kita tidak sama halnya dengan orang yang dibicarakan atau digosipkan. Dampak pada kesehatan dan mental seseorang. Memberikan Refleksi pada diri sendiri, untuk senantiasa sadar atas setiap kesalahan.
 
2. Mengatasi Stres dan Depresi
 
Dilansir dari berbagai sumber, justru beberapa psikologi mengatakan bergosip tidak selamanya buruk, ada sisi baiknya yang harus kita ambil. Diungkapkan oleh sebuah penelitian baru dari University of California, Berkeley, bahwa bergosip memberikan khasiat untuk fisik dan psikologis yang signifikan.
 
Para peneliti mengatakan, tidak selamanya bergosip itu berprasangka negatif. Justru bisa mengatasi depresi akibat stres yang lebih positif.
 
3. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik
 
Robb Willer yang merupakan peneliti dari University of California, Berkeley, mengatakan, Bergosip akan merasa kamu menjadi lebih baik dan menangkan kamu dari perasaan negatif. Dalam penelitiannya, orang yang membicarakan orang lain akan memiliki detak jantung cenderung cepat.
 
Detak jantung akan kembali normal apabila telah menceritakan semuanya pada orang lain. Itu merupakan salah satu manfaat bagi kesehatan dari bergosip.
 
Dengan kamu membicarakan hal negatif tentang orang lain, minimal kita menyampaikan hal yang tidak boleh kita lakukan kepada orang lain. Memperingati mereka untuk berpikir dua kali sebelum bertidak.
 
4. Panjang Umur dan Memperkuat Tali Persahabatan
 
Bergosip juga akan memberikan manfaat lain yang mengeluarkan perasaan negatif dari kepala. Secara tidak sadar pikiran kita akan lebih sehat. Bergosip juga menimbulkan hubungan biologis secara mekanisme dengan perilaku sosial seseorang. Bakalan hidup lebih lama daripada yang terisolasi sosial.
 
Namun, bergosip bisa kamu lakukan apabila memberikan manfaat yang lebih untuk seluruh sahabatmu. Dengan memberikan solusi, masukan, kritik dan saran yang positif. Bukan untuk menjelekan orang lain, apabila bergosip tidak seperti yang sudah diceritakan.***

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x