Pakar Psikologi : Alasan Kenapa Drama Korea Banyak Digemari

- 10 Desember 2020, 09:45 WIB
Cuplikan Unggahan Film Start Up dramakoreaindo17
Cuplikan Unggahan Film Start Up dramakoreaindo17 /Instagram dramakoreaindo17/
PRIANGANTIMURNEWS- Trending topik pembahasan pada penggemar drama Korea selalu menjadi yang teratas. Bukan hanya suka saja, justru siaran drama yang memiliki perasaan campur aduk memberikan banyak sensasi. Ji-Yeon profesor di bidang studi Asia-Amerika mengatakan, manusia menyukai sensasi perasaan yang memiliki ending, entah bahagian, kesedihan, sampai akhir digantung, dengan akhir cerita yang gregetan.
 
Ada ikatan emosional antara pemeran dengan penonton. Yang nantinya akan mendapatkan pengalaman romantika yang belum pernah dirasakan olehnya.
 
 
Drama Korea memang bisa memberikan kebutuhan afektif para penggemarnya.
 
Berikut ini merupakan alasan drama Korea sangat banyak digemari : 
 
1. Campur Aduk Emosi dalam Drama Korea
 
Awal dan akhir ending yang tidak karuan dan bikin penasaran, antara berakhir bahagia atau masih berujung pada episode selanjutnya.
 
Lebih kelihatan romantis dilamar via chat, atau hadir bersama doi ke puncak gunung, mengatakan, "Aku siap Menikahi dengan kamu" sambil teman-teman disekitar memutar lagu Akad - Payung Teduh.
 
Secara psikologis, hampir semua mausia memiliki ketertarikan dengan drama karena kejutannya. Permainan roller coaster dan selalu dalam keadaan antri. Hal inilah yang diberikan drama Korea.
 
Pengalaman emosi yang merasakan manis, pahit, asam dan getir dilengkapi dengan pola tingkah laku karakter yang menggemaskan. Salah satu bagian utama ketertarikan terhadap drama Korea.
 
2. Daya Tarik Budaya
 
Seringkali manusia menyukai suatu yang berbeda dari kita. Drama Korea telah memberikan itu semua kepada budaya kita.
 
2. Mempelajari Hal Baru
 
Mempelajari kebiasaan baru yang diberikan drama Korea seperti bahasa menyapa, mengungkapkan perasaan, mengucapkan kalimat ataupun panggilan sayang.
 
3. Percintaan yang Sweet
 
Sangat memiliki banyak perbedaan dengan cerita romantis drama lainnya, drama Korea selalu memberikan adegan yang sweet.
 
4.Fashionable
 
Drama Korea memberikan banyak perubahan pada gaya hidup manusia. Selalu fashionable menjadi faktor drama Korea banyak digemari.
 
5.Sajian Makanan yang Menggugah Selera
 
Makanan yang menggugah selera lidah manusia seperti mie, junk food dan endorse makanan lokal asal Korea yang selalu bikin ngiler.
 
6. Mudah Diakses
 
Sudah banyak tersebar berbagai link gratis untuk menonton film drama Korea secara gratis. Yang selalu akan membuat ketagihan.
 
7. Asyik Didiskusikan bersama Teman
 
menarik untuk didiskusikan bersama teman, tidak kehabisan cerita untuk belajar dari kisah romantika drama Korea. Kadang para wanita menjadikan cerita keseharian mereka.
 
8. Menjadi Lebih Sensitif
 
Matthew Gizzard psikolog peneliti dari State University of New York mengatakan, Orang-orang yang terlalu sering menonton drama Korea setiap hari, akan cenderung menjadi pribadi yang sensitif.
 
Akan mudah baper, lebih peduli terhadap keadaan sosial, loyal, respect, dan menghargai ketulusan.
 
Saat kamu berharap lebih untuk memiliki kisah romantis yang sama seperti drama Korea. Bisa jadi berakhir kekecewaan.
Julia Lippman, profesor dari University of Michigan mengatakan, drama romantis bisa membuat penonton menjadi lebih sensitif sekaligus naif.***

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah