47 Orang Terkonfirmasi Positif Covid 19, Klaster Baru Muncul dari Senam Aerobic Puspahiang

- 12 Maret 2021, 23:02 WIB
Ilustrasi virus B117. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, menyatakan vaksin saat ini masih sangat efektif menanggulangi virus corona B117.
Ilustrasi virus B117. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, menyatakan vaksin saat ini masih sangat efektif menanggulangi virus corona B117. /Pexels/CDC

PRIANGANTIMURNEWS - Kaster baru Covid 19 kembali muncul di Kabupaten Tasikmalaya. Klaster baru kali ini muncul dari komunitas senam Aerobic di Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya.

Dari senam Aerobic tersebut 47 pasien dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, hampir semuanya tanpa gejala.

Mengingat jumlahnya cukup banyak, maka isolasi tidak bisa dilakukan secara mandiri di rumah-rumah. Untuk memutus mata rantai penyebaran, isolasi akan dilakukan terpusat di Wisma Haji komplek Islamic Center Singaparna.

Baca Juga: Wabah COVID-19 di Gym Hongkong Menjadi Klaster Baru di Negara Tersebut

Koordinator Humas Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, Rudi Sonjaya Saehuri, mengatakan, kalau jualnya hanya 1-3 orang, sebenarnya isolasi terhadap pasien positif Covid 19 kluster senam Puspahiang ini bisa dilaksanakan secara mandiri.

Namun karena kluster senam ini sangat banyak, maka guna memutus penyebaran lebih meluas dilakukan isolasi terpusat di Wisma Haji Singaparna.

"Untuk lebih mengefektivkan pengawasan dan pamantauan kesehatan mereka, maka dilakukan langkah isolasi terpusat, yakni di Wisma Haji," kata Rudi, Jumat 12 Maret 2021.

Baca Juga: Fadli Zon: Menjelang Ramadhan Adalah Waktu yang Tepat Bagi Pemerintah untuk Membebaskan Rizieq Shihab

Dikatakan dia, pendekatan terhadap masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 termasuk keluarganya sudah dilaksanakan secara persuasif dan saling bersinergi, sampai bisa dipindahkan ke Wisma Haji.

Terkait isolasi terpusat yang dilakukan terhadap 47 pasien positif covid-19 dari klaster senam aerobic, terus dimonitor dengan menempatkan petugas medis dari Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x