Mitigasi Bencana di Pangandaran Libatkan Peran Nelayan

- 31 Maret 2021, 16:20 WIB
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyerahkan dayung kepada nelayan di plaza air mancur pantai timur Pangandaran, Rabu,  31 Maret 2021.
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyerahkan dayung kepada nelayan di plaza air mancur pantai timur Pangandaran, Rabu, 31 Maret 2021. /Humas Kemensos/

PRIANGANTIMURNEWS- Ada 1.000 nelayan di Kabupaten Pangandaran mengikuti latihan upaya penanggulangan bencana. Pelatihan itu dilakukan agar nelayan dapat berperan serta dalam melakukan mitigasi bencana.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, wilayahnya memiliki banyak potensi bencana. Mulai dari gempa bumi, tsunami, banjir, hingga longsor, dapat sewaktu-waktu terjadi di daerah itu.

Karena itu, Jeje menilai, penting dilakukan penguatan kelembagaan untuk memitigasi kejadian bencana. "Salah satunya dengan ini, melibatkan para nelayan. Ini salah satu kearifan lokal untuk meningkatkan kesadaran warga terkait bencana," kata Jeje.

Baca Juga: Pertamia Bersedia Ganti Puluhan Rumah Warga Yang Rusak Akibat Kebakaran Kilang Minyak di Balongan Indramayu

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran juga terus melakukan penguatan kelembagaan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Menurut dia, saat ini setiap desa di Pangandaran juga telah memiliki relawan kebencanaan yang bertugas melakukan penanganan pertama jika terjadi bencana.

Jeje mengatakan, pihaknya juga terus melakukan sosialiasi terkait potensi bencana yang ada di Pangandaran. Masyarakat juga diminta terus menjaga lingkungan untuk mencegah kejadian bencana.

Sementara Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang akrab disapa Risma mengatakan, pihaknya akan mulai mendorong penguatan kearifan lokal dalam mitigasi bencana. Sebab, menurut dia, kearifan lokal dapat meminimalisir adanya kerugian akibat kejadian bencana.

"Banyak contoh dengan kearifan lokal bisa menyelamatkan warga dari kematian atau luka akibat bencana. Karenannya para nelayan di Pangandaran dilatih untuk siaga jika terjadi bencana," kata Risma di Kabupaten Pangandaran, Rabu, 31 Maret 2021.

Baca Juga: Jadwal SCTV 31 Maret 2021, Empat Sinetron Ungulan Siap Menemani

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x