Sekitar 3.000 Ekor Baby Lobster Tak Bertuan Dilepasliarkan di Pantai Pangandaran

- 15 April 2021, 19:22 WIB
Pelepasliaran ribuan baby lobster menggunakan perahu rubber boat.
Pelepasliaran ribuan baby lobster menggunakan perahu rubber boat. /Dok. TNI AL/

PRIANGANTIMURNEWS- Satuan Polisi Air Polres Ciamis bersama TNI Angkatan Laut Pangandaran turut serta melepasliarkan bening benih lobster (BBL) ke habitatnya.

Pelepasliaran itu dilakukan di perairan Batu Mandi Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis, 15 April 2021.

Satuan Pol Air yang terlibat dalam pelepasliaran BBL dipimpin oleh Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto beserta 4 anggota Pol Air Polres Ciamis diikuti oleh Anggota TNI AL Pos Angkatan Laut Pangandaran, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPKP dan Satpol PP Pangandaran, Kepala Bidang Tangkap PSDKP Pangandaran, Wakil Ketua HNSI Pangandaran, Ketua Jaga Lembur Kabupaten Pangandaran dan Pokmaswas Pangandaran yang tergabung dalam Tim Terpadu Pengamanan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kab Pangandaran.

Komandan Pos TNI Angkatan Laut Pangandaran Kapten Laut Toto Sukarto membenarkan, soal pelepasliaran BBL hasil sitaan di perairan Batu Mandi pantai barat Pangandaran.

Baca Juga: Tim Densus 88 Tembak Mati Seorang Terduga Teroris, Saat Melakukan Perlawanan di Makassar

Kata Toto, ada sekitar ribuan ekor BBL hasil sitaan dari pelaksanaan penertiban penangkapan BBL tak bertuan alias tidak ada pemiliknya olrh Tim Terpadu. BBL yang sudah dikemas menggunakan plastik tersebut dilepasliarkan di pantai Pangandaran dengan menggunakan rubber boat di wilayah perairan Batu Mandi pantai barat Pangandaran.

"Ada sekitar 3.000 ekor baby lobster tak bertuan yang kita lepasliarkan," kata Toto.

Ditempat yang sama, Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto mengatakan, keikutsertaan anggota Sat Pol Air Polres Ciamis sebagai bentuk kepedulian Polri dalam menjaga ekosistem bawah laut agar tidak punah.

Selain itu juga sebagai bentuk sinergitas Polri bersama instansi terkait lainnya seperti TNI, Pemerintah dan warga masyarakat dalam menjaga kamtibmas di wilayah perairan.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x