Bali  Seminggu Sekali Kirim 60 Ton Sampah Plastik ke Jawa Barat 

- 22 April 2021, 15:38 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil foto di lokasi pabrik pengolah sampah plastik dari Bali di Kawasan Padalarang Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil foto di lokasi pabrik pengolah sampah plastik dari Bali di Kawasan Padalarang Jawa Barat /Priangantimurnews/Tangkap layar instagram@ridwankamil

PRIANGANTIMURNEWS - Pulau Bali setiap minggu mengirimkan 60 ton sampah botol plastik ke Jawa Barat  Tapi jangan salah sangka dulu. Sampah botol plastik ternyata bukan sembarangan, karena bisa diolah lagi menjadi botol air mineral yang siap pakai.

Dilansir priangantimurnews dari instagram @ridwankamil dituliskan jika seti minggu dari pulau Bali mengirimkan 60 ton sampah botol plastik ke Jawa Barat.

Sampak plastik tersebut kemudian dikirim ke perusahaan di Padalarang untuk diproses menjadi botol air mineral menggunakan teknologi canggih.

Baca Juga: Danpos TNI AL Pangandaran Dilantik Jadi Dandenpomal Lanal Bandung


Teknologi canggih ini dimiliki oleh Namasindo Plas yang berlokasi di Padalarang. Satu-satunya fasilitas di Indonesia mengubah PET plastik dengan 5 tahap untuk kembali menjadi kemasan botol plastik siap pakai.

Ridwan Kamil dalam postingannya di instagram pribadinya itu mengajak masyarakat agar membudayakan pilah sampah dan kumpulkan sampah plastik. Setelah itu dikirim ke pabrik Namasindo Plas melalui beragam sistem koleksi sampah salah satunya adalah apps@octopus.ina yang dimotori oleh babang tampan@hamishdw.

"Mari sekarang kita budayakan pilah dan kumpulkan sampah plastik, kirim ke pabrik Namasindo Plas ini, melalui beragam sistem koleksi sampah, salah satunya adalah Apps @octopus.ina yang dimotori oleh babang tampan @hamishdw," ajak Kang Emil dalam Instagramnya.

Baca Juga: Berkoordinasi dengan Penegak Hukum, Kementerian Sosial 'Tidurkan' 21,156 Juta Data Ganda


Kang Emil menyebut sistem tersebut dengan Circular Economy yakni produk uyang dipakai konsumen, jadi sampah, dikumpulkan dan didaur ulang menggunakan teknologi canggih menjadi produk yang sama persis.
Dan kemudian dipakai lagi oleh konsumen. Jadi berputar tidak nyampahi lautan.

Disebutkan pula, jika para pengepul sampah botol plastik ini ada yang mendapatkan penghasilan 5-10 juta per bulan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram@ridwankamil


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x