Pembangunan Jalan Tol Cigatas. Pangandaran Kembangkan Destinasi Baru dan Laju Ekonomi UMKM

- 27 Mei 2021, 08:28 WIB
Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata saat sosialisasikan pembangunan jalan tol Cigatas di Musrenbang Penyusunana RPJMD 2021-2026, Selasa, 25 Mei 2021.
Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata saat sosialisasikan pembangunan jalan tol Cigatas di Musrenbang Penyusunana RPJMD 2021-2026, Selasa, 25 Mei 2021. /PRIATIM PRMN/AGUS KUSNADI/

PRIANGANTIMURNEWS- Pembangunan jalan tol Cigatas dan jalan tol Tasikmalaya-Cilacap merupakan salahsatu akses penunjang menuju ke obyek wisata khususnya di wilayah Priangan Timur di Provinsi Jawa Barat termasuk obyek wisaya yang berada di Kabupaten Pangandaran.

Hal tersebut diungkap oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat menghadiri kegiatan Musrembang Penyusunan RPJMD 2021-2026 Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang diselenggarakan oleh Bappeda di Hotel Pantai Indah Timur obyek wisata pantai Pangandaran pada Selasa, 25 Mei 2021.

Jeje meyampaikan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR sedang melakukan pembangunan jalan tol tahap pertama pembangunan jalan tol Gedebage Bandung hingga ke Tasikmalaya dengan jarak 95,2 kilometer dan pembangunan jalan tol akan dilanjutkan dari Tsikmalaya hingga ke Cilacap Jawa Tengah dengan jarak 111,45 kilometer yang ditargetkan pada tahun 2024 rampung.

Baca Juga: Obrolan Santai Mantan Bupati Ciamis Engkon Komara dengan Bupati Jeje, Benarkah Jeje Bakal Manggung di Jabar?

"Kan nyambung ada pembangunan jalan tol, disatu sisi kita sedang melakukan perluasan di sektor pariwisata, maka destinasi-destinasi baru akan kita munculkan untuk menunjung pariwisata di Pangandaran. Bahkan kita juga bisa mengankat potensi dengan menampilkan produk-produk UMKM untuk laju pergerakan ekonomi masyarakat yang diciptakan oleh jalan tol Cigatas," kata Jeje.

Maka dirinya menilai, pembangunan jalan tol merupakan titik sambung yang luar biasa untuk mempercepat akses menuju ke Pangandaran. "Mudah-mudahan nanti untuk jalan tol Tasikmalaya-Cilacap, Exis Tol nya bisa di Kalipucang," harap Jeje.

Jeje juga mengatakan, dalam kegiatan Musrembang Penyusunan RPJMD ini untuk membuat payung hukum, membuat induk konsep pengembangan pembangunan Pangandaran 5 tahun kedepan.

Baca Juga: 6 Bahan Makanan Pembersih Paru-Paru Alami bagi kalian Pengidap Asma, Sesak Nafas, Perokok Berat

"Di Musrembang perencanaan sudah selesai, dan dalam waktu dekat kita akan menyampaikan rancangan RPJMD. Tentunya dalam Musrembang ini ada beberapa masukan yang nantinya akan dibahas di DPRD melalui konsultasi terbuka," ujarnya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x