Ridwan Kamil : Al-hamdulillah, Jawa Barat Ke-2 Provinsi Terbaik untuk Kebebasan Pers/Media

- 25 Oktober 2021, 20:10 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menutup rangkaian acara peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW dan haul ke-179 Al Quthub Al Habib Thoha bin Hasan bin Yahya di Kabupaten Cirebon, Minggu, 24 Oktober 2021.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menutup rangkaian acara peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW dan haul ke-179 Al Quthub Al Habib Thoha bin Hasan bin Yahya di Kabupaten Cirebon, Minggu, 24 Oktober 2021. / Biro Adpim Jabar/

PRIANGANTIMURNEWS – Indeks Kebebasan Pers (Press Freedom Index) mengumumkan bahwa Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi terbaik untuk kebebasan pers/media.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan mengucapkan rasa syukur karena Provinsi Jawa Barat merupakan Provinsi Terbaik ke-2 untuk kebebasan pers/media setelah Kepulauan Riau di posisi pertama.

Melihat dari periode tahun ke tahun, Indeks Kebebasan Pers di Jawa Barat pada tahun 2020 berada di posisi ke-29, tapi tahun 2021 melesat hampir berada di puncak yaitu posisi ke-2.

Baca Juga: BREAKING NEWS, Dua Kereta LRT Jabodebek Alamai Kecelakaan di Jalur Layang Ruas Munjul

“Alhamdulillah, Jawa Barat bersama Kepulauan Riau berada di 2 besar provinsi yang ramah pada kebebasan Pers dan media,” ucap Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, seperti dikutip priangantimurnews.com dari instagram @ridwankamil, pada Senin, 25 Oktober 2021.

“Setelah iklim kebebasan diperbaiki, Jawa Barat melompat dari urutan 29 ke urutan 2,” lanjutnya.

Ridwan Kamil juga menjelaskan jika pemeringkatan Indeks Kebebasan Pers ini dilakukan oleh Dewan Pers.

Baca Juga: Jangan Tertipu, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22 hanya di laman prakerja.go.id

Dewan Pers sendiri melakukan survei dalam mengukur 3 hal yang dijadikan rujukan sebagai acuan dalam melihat setiap Provinsi masuk dalam kategori terbaik, yaitu Ekosistem politik, ekosistem ekonomi, dan ekosistem hukum.

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Instagram @ridwankamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah