Susi Pudjiastuti: Pemda Pangandaran Harus Siapkan Anggaran 10 Miliar untuk Penanganan Sampah

- 10 Mei 2022, 20:38 WIB
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Forkompimda berdiskusi untuk tentang penanganan sampah di objek wisata bersama Susi Pudjiastuti paska liburan hari raya idul fitri, Selasa, 10 Mei 2022.
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Forkompimda berdiskusi untuk tentang penanganan sampah di objek wisata bersama Susi Pudjiastuti paska liburan hari raya idul fitri, Selasa, 10 Mei 2022. /Dok. Prokopim/

PRIANGANTIMURNEWS- Produksi sampah pada saat liburan panjang di objek wisata pasti mengalami peningkatan, seiring dengan padatnya pengunjung dan kurangnya kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya membuat objek wisata terkesan kumuh.

Berserakannya sampah pada saat liburan pun mendapat sorotan beberapa pihak, salah satunya Susi Pudjiastuti mantan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Susi mengatakan, sudah saatnya pemerintah daerah menambah armada pengangkut sampah.

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu My All - Mariah Carey

"Tidak harus yang besar, yang kecil juga bisa. Lalu beli kantong sampah dan disediakan di sepanjang pantai," kata Susi.

Dia juga menyarankan, bagi kendaraan pengunjung yang masuk ke objek wisata harus diberi karung goni, supaya mereka bisa membawa sampah mereka.

"Jadi keluarkanlah 10 miliar untuk beli kendaraan pengangkut, plastik sampah, tong sampah. Kalau tidak, berarti Pemda Pangandaran hanya cari duit aja, tak mau mengatasi sampah," kata Susi.

Baca Juga: Resmi! 2 Pemain Persib Bandung Ini Bergabung ke Persita Tanggerang dan Bali United

"Wisatawan kalau datang ke Pangandaran buang sampah sembarangan, akan ditenggelamkan sama Bu Susi," sambungnya.

Susi juga mengatakan, Pemda Pangandaran juga harus buat plang denda 500 ribu bagi siapa saja yang buang sampah tidak pada tempatnya. Yang melaporkan kejadian itu, dapat 50 persen dari denda itu.

"Kata cucu saya tidak ada tong sampah di pantai," ujarnya.

Sementara Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menjelaskan, membludaknya kunjungan wisata itu pernah terjadi pada tahun 2000 dan tahun 2022 sekarang, hingga over kapasitas. Ia menyebutkan, ada sekitar 100 ribu lebih pengunjung yang datang ke objek wisata pantai Pangandaran perharinya sejak H+1 hingga H+5 liburan hari raya idul fitri 2022.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x