DANAU SITU GEDE, Mengenal Sejarahnya dan Misteri Lembur Sinjang Moyan, Kampung Yang Hilang

- 10 Januari 2023, 18:24 WIB
Foto Danau Situ Gede Tasikmalaya
Foto Danau Situ Gede Tasikmalaya /

PRIANGANTIMURNEWS - Danau Situ Gede merupakan salah satu primadona destinasi wisata di Kota Tasikmalaya yang letaknya berada di kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi.

Danau yang punya luas 47 hektar dengan kedalaman bervariasi dari 1,5 meter hingga 6 meter ini dahulunya tempat berkumpul para bangsawan jaman kolonial Belanda.

Yang menjadi daya tarik dari Danau Situ Gede adalah adanya sebuah pulau di tengah danau, dengan berdiri sebuah Makom yaitu Makom Eyang Prabudilaya yang hingga saat ini masih dikeramatkan oleh masyarakat sekitar lokasi.

Baca Juga: Kasus Venna Melinda Terus Bergulir, Bagaimana Status Fery Irawan? Ini Kata Polisi

Dikutip dari youtube@BiCoStory, Eyang Prabudilaya adalah seorang tokoh terkenal pada saat itu dan menjadi legenda untuk masyarakat Sunda.

Dibalik keindahan Danau Situ Gede, ada sebuah cerita misteri yang hingga kini belum terungkap, Misteri Kampung Yang Hilang.

" Lembur Sinjang Moyan ", itulah nama kampung yang konon menurut warga setempat disebut Kampung Yang Hilang, namun jika ditanya dimana persisnya lokasi kampung yang hilang itu, belum ada jawaban akurat hingga kini.

Lembur Sinjang Moyan di sebut-sebut menjadi tempat persembunyian para koruptor dijaman Kerajaan pada saat itu.

Maka dengan adanya kisah ini dapat disimpulkan, bahwa yang namanya koruptor sudah ada sejak zaman Kerajaan dulu khususnya dijaman Kerajaan Sunda.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: YouTube BiCo Story


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x