Mitos atau Fakta, Bintitan Disebabkan Karena Suka Mengintip

- 16 Agustus 2021, 19:10 WIB
 Ilustrasi orang sedang mengintip.
Ilustrasi orang sedang mengintip. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Benarkah bintitan disebabkan karena sering mengintip? Hal tersebut ternyata hanya mitos belaka.

Bintitan atau hordeolum adalah infeksi kelenjar minyak di sekitar kelopak mata baik kelopak mata bagian luar ataupun kelopak mata bagian dalam.

Gejalanya biasanya diawali dengan gatal, kemudian muncul benjolan kecil disekitar kelopak mata dan lama - lama mata terasa sakit serta ada yang mengganjal.

Bintitan biasanya disebabkan oleh kondisi tangan yang kotor kemudian menyentuh atau mengucek mata dengan tangan tersebut sehingga mengakibatkan kelopak mata jadi kotor, keadaan ini menyebabkan bakteri nyaman berkembang biak dan menyumbat kelenjar yang ada di kelopak mata.

Baca Juga: Buruan Daftar, Kartu Prakerja Gelombang ke 18 Sudah Dibuka, Simak Caranya

Jadi, mengintip bukan penyebab mata bintitan. Lalu, apakah bintitan bisa menular hanya dengan tatapan? Hal tersebut adalah mitos, mata bintitan tidak bisa menular langsung dari tatapan dengan penderita.

Alasannya karena bakteri penyebab bintitan tidak bisa berpindah terbang begitu saja ke mata orang lain. Kecuali, melalui bersalaman dengan penderitanya yang baru saja menyentuh atau mengucek mata yang terinfeksi bakteri tadi. Apalagi, kalo setelah itu kita juga refleks menyentuh mata tanpa cuci tangan.

Bintitan juga bisa disebabkn oleh kosmetik mata yang kedaluwarsa, karena kosmetik yang kedaluwarsa kemungkinan bisa terkontaminasi kuman.

Baca Juga: Unggah Video Momen Berpelukan Bersama Zikri Daulay, Syakir Daulay: Semuanya Udah Skenario Allah

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Youtube ini kata dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah