Masker Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

- 5 September 2021, 09:34 WIB
Daun lidah buaya dengan nama latin Aloe vera ternyata memiliki banyak manfaat untuk pengobatan.
Daun lidah buaya dengan nama latin Aloe vera ternyata memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. / Pixabay/Bstad

PRIANGANTIMURNEWS- Ada beragam hasil olahan lidah buaya, mulai dari produk makanan dan minuman hingga produk kecantikan, dan salah satunya adalah masker lidah buaya. Yuk, ketahui manfaat masker lidah buaya untuk kulit dan rambut, serta cara pengolahannya.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya membuat tanaman yang tumbuh liar di negara beriklim tropis ini banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan rambut, baik yang sudah dikemas menjadi produk kecantikan ataupun yang bisa Anda olah sendiri. Salah satunya adalah masker lidah buaya rumahan.

Berdasarkan penelitian, lidah buaya kaya akan antioksidan, glukosa, mineral seperti kalsium, magnesium, dan natrium, serta vitamin A, B, C, E, dan folat.

Baca Juga: 8 Manfaat Telur bagi Anak

Lidah buaya juga mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial dan merupakan tanaman yang memiliki sifat antiradang dan antipenuaan alami.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

Ada beragam manfaat lidah buaya. Banyak orang mengoleskan daging buah lidah buaya untuk mengobati beberapa kondisi kulit, seperti luka bakar ringan, kulit terbakar sinar matahari, frostbite (kerusakan pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat udara dingin yang ekstrim), psoriasis, dan luka pada bibir akibat virus herpes.

Tidak sedikit pula yang menggunakan lidah buaya untuk membantu penyembuhan luka bedah, luka akibat tekanan terus-menerus (bedsores), ketombe, kulit lecet, kulit luka akibat radiasi, kulit kepala bersisik dan kemerahan (seborrhea).

Baca Juga: Benarkah Membaca Sambil Tiduran Menyebabkan Mata Minus

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Alo Dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x