Cara Mudah Mengatasi Clavus atau Mata Ikan

- 17 Januari 2022, 07:55 WIB
 Ilustarasi Clavus atau Mata Ikan dan cara mengobatinya
Ilustarasi Clavus atau Mata Ikan dan cara mengobatinya /Antara Foto/
PRIANGANTIMURNEWS-  Mata ikan (clavus)  merupakan hiperplasia epidermis yang terjadi akibat pertumbuhan epitel berupa benjolan keras pada permukaan kulit terutama seperti kaki dan tangan.
 
Jika penebalan kulit terdiagnosis sebagai mata ikan, maka ada beberapa langkah pengobatan yang umumnya akan diberikan pada penderita.
 
Beberapa langkah pengobatan umum untuk mata ikan adalah:
 

1. Tindakan menipiskan lapisan kulit yang menebal dengan pisau. Prosedur yang dilakukan oleh dokter ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri, serta membentuk ulang kulit yang sudah menebal karena gesekan berlebihan.


2. Obat-obatan penghilang mata ikan dan kapalan. Beberapa obat-obatan yang dijual bebas dalam bentuk krim atau salep yang mengandung asam salisilat dapat melunakkan dan mengangkat kulit yang mati.
 
Perlu diingat, orang dengan penyakit arteri perifer, diabetes, dan neuropati perifer sebaiknya menghindari pemakaian asam salisilat karena malah akan merusak kulit atau bahkan saraf.
 
Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer Hari Ini Senin 17 Januari 2022, Banyak dukungan dari orang-orang terdekat Anda

3. Menggunakan bantalan sepatu yang disesuaikan dengan bentuk kaki penderita.

4. Operasi
Dokter dapat merekomendasikan operasi untuk memperbaiki posisi tulang yang mengakibatkan terjadinya gesekan. Namun tindakan ini jarang dilakukan.***
 
 
 

Editor: Muh Romli

Sumber: seputar kesehatan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah