Bahaya Terlalu Lama Menggunakan AC, Bisa sebabkan Masalah Kesehatan Kulit hingga Mata

- 21 Januari 2022, 07:41 WIB
Ilustrasi ruangan ber AC.
Ilustrasi ruangan ber AC. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Ruangan dengan pendingin atau Air Conditioner (AC) memang membuat teman-tema merasa sejuk. Tapi sebaiknya teman-teman mulai membatasi penggunaan AC saat berada di rumah.

Atau saat berada di luar ruangan, sebisa mungking sering menghirup udara segar tanpa AC, ya. Peringatan ini diberikan bukan tanpa alasan, penggunaan AC yang terlalu sering tidak berdampak baik pada tubuh. Bahkan penggunaan AC yang terlalu sering juga bisa membuat boros listrik.

Penggunaan AC terlalu lama bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti kulit kering hingga gangguan saraf.

Baca Juga: Liverpool mengalahkan Arsenal untuk Mencapai Final Piala Liga

Berikut akan dijelaskan lima masalah kesehatan yang muncul karena terlalu lama berada di ruangan ber-AC:

1. Kulit dan Mata Kering
Ruangan ber-AC akan membuat teman-teman mengalami mata dan kulit kering yang sangat mengganggu. AC bisa membuat udara di dalam ruangan menjadi kering dan dapat berpengaruh pada kulit serta mata. Bukan hanya kering, saat teman-teman terlalu lama berada di ruang ber-AC kulit bisa menjadi kasar. Karena itu, teman-teman disarankan menggunakan pelembab dengan rutin di area kulit yang terbuka. Selain kulit, mata juga bisa kering dengan tanda rasa gatal dan mudah iritasi.

Baca Juga: Ancelotti Marah pada Kalender 'Tidak Masuk Akal'

2. Alergi
Masalah lain yang bisa muncul adalah munculnya alergi. Bagi orang yang memiliki masalah alergi dingin atau debu harus berhati-hati selama berada di ruang dengan AC. Bila memiliki alergi pada debu sebaiknya minta orang tua untuk secara rutin membersihkan filter AC. Filter yang kotor bisa membuat debu kembali berterbangan di udara dan tidak berpindah tempat. Jika berada di luar rumah dan merasa AC kotor dan penuh debu, sebaiknya teman-teman segera mengenakan masker, ya

3. Infeksi Virus
Penggunaan AC terlalu sering juga menyebarkan virus dengan cepat. Ruang ber-Ac biasanya tidak memiliki sirkulasi udara yang segar sehingga bisa mempermudah pertukaran virus. Virus yang umum mudah tersebar di ruang ber-AC adalah influenza. Selain infeksi virus, ruang ber-AC bisa mempermudah seseorang terinfeksi sinusitis. Udara dingin dari AC akan menyebabkan terjadinya pengerasan kelenjar lendir dalam saluran napas.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @yuksehatyuk


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x