5 Manfaat Temulawak sebagai Skincare, Bisa Bikin Kulit Wajah Glowing Alami

- 23 Februari 2022, 06:31 WIB
Merawat wajah tak harus dengan skincare yang mahal, tetapi bisa dengan gunakan temulawak, ang mengandung kurkumin, anti inflasi, antioksidan
Merawat wajah tak harus dengan skincare yang mahal, tetapi bisa dengan gunakan temulawak, ang mengandung kurkumin, anti inflasi, antioksidan /pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Memiliki wajah cantik dan sehat menjadi dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkan wajah yang cantik tentu harus dirawat.

Perawatanya tidak harus dengan skincare dari dokter yang mahal, tetapi bisa mengguanakn rempah-rempah yang ada di Indonesia.

Salah satunya dengan menggunakan Temulawak tak hanya dapat dimanfaatkan menjadi bahan pembuat jamu, tapi juga bisa digunakan menjadi skincarre.  Manfaat temulawak untuk wajah pun kini mulai populer.  

Baca Juga: 4 Kiat Menolak Cinta Pria, Yang Pertama Jangan Ambigu

Temulawak mengandung bahan aktif kurkumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa penelitian ilmiah modern menemukan adanya potensi manfaat temulawak untuk kesehatan kulit.

Kamu dapat merasakan manfaat temulawak untuk wajah dengan menggunakan produk yang mengandung bahan tersebut. Kamu juga bisa mencampur ekstrak temulawak dengan bahan rumahan lainnya, seperti madu, susu atau minyak kelapa.

1. Membuat kulit wajah glowing alami
Temulawak mengandung antioksidan dan komponen anti-inflamasi, yang dapat memberikan efek glowing pada kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu dapat coba membuat sendiri masker dari bahan temulawak.

Baca Juga: 5 Vitamin Anak untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Omicron Melonjak

2. Mengatasi jerawat
Meski kerap dianggap sepele, tapi jerawat membutuhkan perawatan yang tepat agar tidak semakin meradang. Jika keliru, kulit berjerawat justru bisa jadi iritasi dan semakin meradang.

Salah satu alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yakni temulawak. Dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasinya, temulawak mampu mencegah penyebaran bakteri dan mengurangi kemerahan pada jerawat.

3. Mencerahkan kulit
Temulawak dapat mencerahkan warna kulit dan menghilangkan bintik hitam karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Leo Hari ini Rabu, 23 Februari 2022 Berbicara Tentang Kesehatan, Cinta, Karir dan Kehidupan

4.  Anti-aging
Salah satu manfaat temulawak untuk wajah yakni melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah tanda-tanda awal penuaan. Ketika minyak alami kulit semakin berkurang, elastisitasnya akan berkurang, muncul garis-garis halus dan kerutan.

Tanda-tanda penuaan dini ini biasanya mulai terlihat di leher, dahi, dan di sekitar area mata. Senyawa aktif dalam temulawak memiliki sifat antioksidan kuat yang mencegah produksi radikal bebas, sehingga mengontrol penuaan dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

5. Melembabkan kulit
Kulit wajah yang kering dapat membuat wajah kamu jadi terlihat lebih kusam. Untuk membantu mengatasi kulit kering, kamu dapat menggunakan ekstrak temulawak. Gunakan masker temulawak yang terdiri dari ekstrak temulawak dan susu. Ini akan membantu membuat kulit jadi lebih lembut, terhidrasi dan tampak lebih sehat.***

Editor: Muh Romli

Sumber: facetofeet


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x