Manfaat Minum Teh dalam Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

- 10 April 2022, 04:13 WIB
Tes kadar kolesterol
Tes kadar kolesterol /Antara foto

PRIANGANTIMURNEWS- Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai macam penyakit jika tidak diatasi dengan baik. Beberapa penyakit yang bisa timbul akibat kadar kolesterol yang tinggi diantaranya adalah tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, bahkan stroke.

Data Kementerian Kesehatan melalui Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa, 41% masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, tinggi kolesterol, dan gorengan lebih dari satu kali dalam sehari.

Jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat, kebiasaan ini akan berdampak pada kesehatan seperti meningkatnya kadar kolesterol, serta memicu penyakit hipertensi, jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga: Kemenkes: Banyak Dokter Keluhkan Alkes Dalam Negeri Kurang Bermutu

Penting untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat terutama di bulan Ramadan ketika pola makan berubah daripada biasanya. Dan kolesterol tinggi bisa saja dialami pada usia berapapun, termasuk pada mereka yang masih berusia muda.

“Generasi muda pun memiliki risiko kolesterol tinggi yang bisa berdampak pada penyakit jantung dan pembuluh darah termasuk kolesterol,” ujar dr. Vito Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC.

Oleh karena itu, kata dr. Vito, kita harus lebih bijak dalam memilih makanan, minuman, dan menjalani pola hidup sehat. Seperti makan sayur dan buah serta minum teh asli yang mengandung flavonoid.

Baca Juga: Jadwal TV SCTV Hari Ini, Minggu, 10 April 2022: Para Pencari Tuhan Jilid 15, Dewi Rindu, FTV, dan Liga Inggris

Flavonoid merupakan senyawa alami yang dapat ditemukan di dalam sayur, buah, dan paling tinggi kandungannya ada di teh. Hal ini turut diyakini oleh Pembina Yayasan Jantung Indonesia Prof. Dr. dr. Dede Kusmana, Sp.JP (K), yang juga merupakan guru besar Ilmu Kardiologi Universitas Indonesia.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x