Kadar Kolesterol Tinggi Bisa Fatal, Ini Akibatnya

- 29 Agustus 2021, 21:38 WIB
Cara menurunkan serta mengobati kolestrol tinggi secara alami dan cepat ala dr. Zaidul Akbar.
Cara menurunkan serta mengobati kolestrol tinggi secara alami dan cepat ala dr. Zaidul Akbar. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang jika kadarnya terlalu tinggi bisa menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan. Salah satu dampak kolestrerol tinggi adalah penumpukan plak di pembuluh darah arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi dapat dipicu oleh banyak faktor, seperti gaya hidup yang tidak sehat, merokok, kurang berolahraga, serta sering mengonsumsi makanan berlemak.

Kenapa Kolesterol Tinggi Berbahaya?

Pada sebagian besar kasus, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala apa pun. Hal ini membuat kondisi ini sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Padahal jika dibiarkan, kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis atau penumpukan plak pada dinding pembuluh darah.

Baca Juga: Seputar Perfeksionis pada Anak yang Perlu Diketahui

Akibatnya, aliran darah ke sejumlah organ bisa tidak lancar, bahkan tersumbat. Kondisi ini dapat memicu munculnya sejumlah penyakit, seperti:

- Serangan jantung
- Stroke
- Angina (nyeri dada)
- Tekanan darah tinggi
- Penyakit arteri perifer
- Penyakit ginjal

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi
Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang sebenarnya memiliki fungsi yang baik di dalam tubuh. Kolesterol terikat pada protein dan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu LDL (low density lipoprotein), HDL (high density lipoprotein), dan TGL (trigliserida).

Idealnya, kadar kolesterol total pada anak hingga remaja usia 19 tahun ke bawah kurang dari 170 mg/dL. Sedangkan pada orang dewasa, kadar kolesterol total normalnya berkisar antara 125–200mg/dL.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Alo Dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah