Terancam Kolesterol yang Terus Meninggi, Ini Solusinya

- 14 Februari 2021, 14:20 WIB
Ilustrasi makanan berlemak.
Ilustrasi makanan berlemak. /PIXABAY/Shutterbug75/

PRIANGANTIMURNEWS - Keragaman kuliner di nusantara menyuguhkan berbagai macam jenis makanan. Rasa yang sudah pasti enak, dapat memanjakan lidah bagi penikmatnya. Asin, gurih, perpaduan pedas, kentalnya santan dan berminyak menjadi identitas dari kuliner Indonesia.

Di samping rasa yang enak, ada hal yang perlu diwaspadai yaitu lemak tak jenuh. Lemak ini banyak terdapat di balik makanan yang mayoritas bersantan juga berminyak.

Lemak tak jenuh adalah penyebab tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Penyakit ini timbul saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas batas normal (> 200 mg/dL). Jika terus dibiarkan, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Menteri Pertanian Menjamin Stok Komoditas Pangan di Bulan Ramadan Aman

Untuk itu, ada beberapa tips cara menurunkan kolesterol yang tepat, agar dapat terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi:

1. Jaga Pola Makan
Pola makan yang baik yakni dengan banyak mengonsumsi sayur, buah-buahan, makanan yang tinggi omega-3 serta tinggi magnesium. Menurut penelitian, magnesium dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol dan bisa meningkatkan kesehatan jantung.

2. Batasi Konsumsi Gula
Sejumlah orang beranggapan, gula hanya terkait dengan penyakit diabetes. Padahal, konsumsi gula berlebihan juga memengaruhi kolesterol. Menurut Cleveland Clinic, tingginya asupan gula membuat hati memproduksi lebih banyak kolesterol jahat (LDL), juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menghambat enzim pemecah kolesterol trigliserida.

Baca Juga: Dilaporkan Radikalisme, Wakil Ketua MPR RI: Prof Din Syamsudin Tokoh Antiradikalisme Kelas Dunia

3. Hindari Lemak Trans
Lemak trans dalam jumlah kecil secara alami ditemukan dalam daging sapi, daging kambing, susu, dan produk susu seperti keju. Beberapa makanan kaya lemak trans di antaranya gorengan, keripik, kerupuk, dan makanan cepat saji.

4. Berolahraga
Olahraga dan aktifitas fisik dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Disarankan 30 menit setiap hari dan perbanyak gerak baik di dalam maupun di luar ruangan.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x