Inilah Waktu Berjalan Yang Ideal Bagi Kesehatan

- 6 Juni 2022, 11:15 WIB
Ilustrasi olahraga dengan aktivitas berjalan kaki.
Ilustrasi olahraga dengan aktivitas berjalan kaki. /Pexels/Andrea Piacquadio

PRIANGANTIMURNEWS- Di era saat ini, hanya dengan ponsel maupun smart watch anda sudah bisa melacak sebarapa jauh anda melangkah hari ini.

Berjalan setiap hari diyakini dapat mengurangi resiko gangguan kesehatan seperti jantung, diabetes tipe 2, sendi yang kaku.

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, cara terbaik adalah dengn konsisten berjalan kaki setiap hari.

Baca Juga: Resep Seblak Kuah Pedas Bisa Bikin di Rumah, Wajib Coba

Mengutip dari Antara,  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekom waktu ideal berjalan kaki yaitu 150 menit untuk intensitas sedang dan 75 menit untuk intensitas tinggi dalam satu minggu. Atau dalam satu hari di rata-ratakan dalam satu hari berjalan selama 30 menit saja.

Intensitas bisa ditambahkan apabila ingin manfaat kesehatan tambahan, misalnya 300 menit untuk intensitas sedang dan 150 menit untuk intensitas tinggi dalam satu minggu.

Sementara untuk menurunkan berat badan, Laura Arndt, personal trainer bersertifikat NSCA yang juga merupakan CEO Matriac, aplikasi kesehatan dan kebugaran untuk ibu, mengatakan bahwa jalan cepat 30 menit atau 3.000 hingga 5.000 langkah, tergantung kecepatan dan gaya berjalan. Arndt sendiri merekomendasikan agar kliennya menargetkan 10.000 langkah dalam sehari.

Baca Juga: Tanda-Tanda Orang Sedang Mengalami Stres Pikiran

menurutnya, berjalan satu mil dapat membakar 100 kalori, sehingga apabila menargerkan 10.000 langkah berarti sama saja berjalan sejauh lima mil dan dapat membakar 500 kalori. Namun, 10.000 langkah dalam sehari bukan target realistis untuk dicapai.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x