Kehabisan Sabun Mandi? Ternyata Minyak Jelantah Bisa Jadi Sabun Untuk Mandi loh, Cek Manfaatnya!

- 3 Desember 2022, 12:59 WIB
Manfaat minyak jelantah bisa untuk sabun mandi
Manfaat minyak jelantah bisa untuk sabun mandi /pexels

PRIANGANTIMURNEWS- Sekarang sudah banyak bahan organik yang bisa dimanfaatkan sebagai sesuatu yang bermanfaat, salah satunya minyak jelantah. Tenyata minyak ini bisa menjadi sabun mandi.

Limbah dari minyak jelantah cukup banyak di Indonesia. Pasalnya, masyarakat Indonesia lebih menyukai makanan berminyak. Dikarenakan banyaknya limbah minyak jelantah, maka tingkat lingkungan yang tercemar semakin luas dan parah.

Melihat hal itu, Santi Novianti, Founder dari Kertabumi Recycling Center adalah salah satu sosok yang melek akan lingkungan. Dia lantas memanfaatkan situasi tersebut dengan membuat sabun batangan dari bahan organik hingga minyak jelantah.

Baca Juga: Gagal Cetak Gol, Ronaldo Malah Tak Sengaja Selamatkan Nyawa Seorang Bayi di Serbia

“Kita juga menganggap bahwa minyak jelantah itu jadi isu juga terhadap lingkungan. Akhirnya kita kembangkan untuk jadi sabun.

Supaya para ibu-ibu khususnya yang menghasilkan minyak jelantah itu bisa mengolah minyak jelanta menjadi sesuatu yang bermanfaat atau bahkan bisa menjadi pundi pundi perekonomian mereka,” ujar Santi.

Santi juga mengakui bahwa pada awalnya dia memang bereksperimen menggunakan minyak murni terlebih dahulu. Namun ternyata, semua minyak bisa menjadi bahan dasar pembuatan sabun.

Baca Juga: Ribuan Pohon diberi QR Code di Kota Depok, Ini Fungsi dan Tujuannya

“Sebenarnya segala macam jenis minyak itu bisa dipakai, termasuk minyak jelantah. Akhirnya kita kembangin untuk bisa memanfaatkan si limbah minyak jelantah ini supaya gak kebuang gitu aja,” tutur Santi.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Instagram @statusfakta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x