5 Penyebab Haid Tidak Teratur

- 6 Februari 2023, 15:02 WIB
5 Penyebab Haid Tidak Teratur
5 Penyebab Haid Tidak Teratur /pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Siklus menstruasi yang tidak lancar terkadang membuat wanita merasa khawatir. Ada beberapa penyebab haid tidak teratur salah satunya karena faktor gaya hidup.

Umumnya wanita akan menstruasi setiap satu bulan sekali dalam jangka waktu 7 hingga 14 hari. Siklus haid dalam satu bulan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, artinya wanita bisa memperkirakan kapan menstruasi akan datang.

Namun banyak wanita yang mengalami haid yang tidak teratur. Kebanyakan wanita yang mengalami haid tidak teratur saat ada perubahan siklus yang cukup signifikan dari bulan ke bulan.

Baca Juga: Resmi Kembali dari Wajib Militer, Baekhyun EXO Akan Menyapa Para Penggemar

Seperti contohnya siklus menstruasi bisa sangat panjang, pendek, atau bahkan tidak mengalami menstruasi pada bulan tersebut. Siklus haid yang tidak lancar bisa terjadi karena beberapa penyebab.

Berikut adalah 5 penyebab haid tidak teratur:

1. Diabetes yang Tidak Terkontrol
Penyakit diabetes bisa menjadi faktor utama haid tidak teratur. Hal ini karena kadar gula darah dan hormon yang mengganggu siklus menstruasi.

Baca Juga: Menurut Studi, Orang yang Percaya Zodiak Cenderung Kurang Cerdas, Begini Penjelasannya

2. Adanya Gangguan Makan
Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia juga bisa menjadi penyebab haid tidak lancar. Saat tubuh mengalami gangguan makan, maka tidak bisa memproduksi dan mengedarkan cukup hormon untuk mengontrol siklus menstruasi.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: instagram @mediasehatku


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x