Waspada! Musim Hujan ada Penyakit Bawaan Banjir, Leptospirosis dari Kencing Tikus

- 9 Maret 2023, 06:56 WIB
Mengenal gejala dan pencegahan penyakit Leptospirosis yang rentan terjadi saat banjir dari kencing tikus yang jarang diketahui warga.
Mengenal gejala dan pencegahan penyakit Leptospirosis yang rentan terjadi saat banjir dari kencing tikus yang jarang diketahui warga. / upk.kemkes.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS - Penyakit bawaan banjir menjadi ancaman serius di musim hujan yang masih berlangsung, salah satunya adalah penyakit Leptospirosis dari Kencing Tikus.

Kementerian Kesehatan (kemenkes) menyampaikan peringatan waspada terhadap warga yang lokasi rumahnya tengah digenangi atau terendam banjir.

Disebabkan karena beberapa penyakit berbahaya dapat timbul jika tidak dilakukan penanganan serius seperti kasus penyakit Leptospirosis.

Baca Juga:  Manfaat Daging Putih Buah Semangka

Leptospirosis merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan oleh bakteri 'Leptospira interrogans' yang umumnya dibawa oleh hewan, dan ditularkan melalui urine dan darah.

Umumnya hewan yang paling rentan penularannya adalah dari Tikus terutama ketika banjir terjadi. Genangan air, menjadi media utama penularan bakteri tersebut.

Namun, beberapa hewan lain juga dapat berpotensi menularkan penyakit Leptospirosis seperti sapi, anjing, dan babi.

Kencing tikus dan hewan tersebut akan ditularkan melalui genangan banjir dan masuk melalui kulit yang telah mengalami luka lecet atau terdapat selaput lendir.

Baca Juga: KABAR BURUK!! Pemulihan Cedera 8 Bulan Zanadin Fariz Absen di Piala Dunia U-20

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: upk.kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub