Gawat! Penyakit Flu Burung Datang Lagi, 30 Kasus Ditemukan di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

- 28 Februari 2023, 06:36 WIB
Iluatrasi flu burung. Sejumlah unggas tiba-tiba mati mendadak
Iluatrasi flu burung. Sejumlah unggas tiba-tiba mati mendadak /foto: Stephane Mahe/Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS - Kasus positif penyakit flu burung atau Avian Influenza (AI) terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

Sebanyak 30 kasus flu burung atau Avian influenza (AI) ditemukan pada unggas di Kecamatan Kusan Hilir dan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Andrie Juniar mengatakan telah ditemukan 30 kasus positif terjangkit penyakit Avian Influenza (AI) atau flu burung pada unggas.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Cristiano Ronaldo bisa Menjadi Penantang Kuat Peraih Ballon d Or 2023

Menurut Andrie kasus tersebut ditemukan di Kecamatan Kusan Hilir dan Kusan Tengah yang diambil sampelnya melalui "swab trakea".

"Ada 80 unggas kami lakukan pemeriksaan swab trakea, hasil labolatorium dari sampel tersebut dinyatakan positif flu burung sebanyak 30 ekor," kata Andrie Juniar Tenggara Selasa 27 Februari 2023.

Dikatakan Andris, tujuh ekor unggas dinyatakan positif (ND) tetelo, sisanya tidak terdeteksi atau dinyatakan negatif.

Baca Juga: Gempa Turki Belum Berakhir, Guncangan Terjadi Lagi, Satu Warga Meninggal dan 110 Terluka

Terkait dengan temuan penyakit flu burung itu, untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran virus tidak meluas, Pemkab Tanah Bumbu mengajak masyarakat atau peternak dapat melakukan strategi biosekuriti atau mencegah kuman penyakit masuk ke area peternakan.

Andrie menyebutkan beberapa kebijakan dilakukan untuk mencegah flu burung, seperti pemusnahan unggas secara selektif (depopulasi) di daerah tertular.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x