Berikut Penyebab Seseorang Sering Menguap dan Sakit Kepala Saat Berpuasa, Simak Penjelasannya

- 9 April 2023, 13:04 WIB
Ilustrasi seseorang yang sering menguap di kala puasa/Pexels/
Ilustrasi seseorang yang sering menguap di kala puasa/Pexels/ /

PRIANGANTIMURNEWS - Disaat sedang menjalankan ibadah puasa, mungkin sebagian orang sering merasakan sakit kepala dan sering menguap.

Menurut Pakar diet dari Medcare Hospital Sharjah Uni Emirat Arab (UAE) Raghda Adi mengatakan bahwa, menguap termasuk saat sedang berpuasa bukan semata-mata karena lelah atau bosan tetapi bisa jadi tanda tubuh kekurangan oksigen.

Seperti disiarkan Khaleej Times mengatakan, "selama berpuasa tubuh mungkin mengalami penurunan kadar gula darah yang dapat menyebabkan otak menerima lebih sedikit glukosa sebagai sumber energi utama tubuh, dan hal tersebut dapat menyebabkan rasa lelah dan tubuh dapat mengkompensasi kekurangan oksigen tersebut dengan menguap," kata Raghda Ali.  

Baca Juga: Simak! Berikut Tips Jalani Ibadah Puasa Bagi Kamu yang Derita Penyakit Maag

Selain menguap, terkadang orang yang berpuasa juga mengalami yang namanya perut keroncongan. Adi mengatakan bahwa kondisi ini disebabkan adanya pergerakan gas dan cairan di sistem pencernaan.

Saat berpuasa, perut akan terus memproduksi cairan pencernaan, tetapi karena tidak ada makanan untuk dicerna maka perut dapat mengosongkan cairan ini  dengan sendirinya. Maka dinding lambung dan usus akan berkontraksi dan menghasilkan suara yang kerap disebut dengan keroncongan.

Adapun dengan gejala merasakan sakit kepala saat sedang berpuasa adalah, menurut Kepala Departemen Nutrisi di RAK Hospital Ruba El Hourani mengatakan bahwa sakit kepala terjadi karena kurangnya konsumsi cairan di siang hari, asupan kafein di malam hari, dan adanya perubahan pola tidur. 

Baca Juga: Ada Tiga Kunci Masuk Taman Surga, Apa Saja? Ini Penjelasan KH Acep Doni Mubarok

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x