Stroke dan Serangan Jantung Jadi Pembunuh Utama di Indonesia, Angka Kematiannya Terus Meningkat

- 30 September 2023, 07:02 WIB
Penyakit stroke dan serangan jantung adalah penyakit kardiovaskular yang menjadi pembunuh utama di Indonesia. Terus mengalami peningkatan angka kematian dari tahun ke tahun. 
Penyakit stroke dan serangan jantung adalah penyakit kardiovaskular yang menjadi pembunuh utama di Indonesia. Terus mengalami peningkatan angka kematian dari tahun ke tahun.  /Freepik/

PRIANGANTIMURNEWS - Penyakit Stroke dan serangan jantung adalah pembunuh utama di Indonesia, yang menyumbangkan angka kematian terbesar tiap tahunnya.

Kedua penyakit kardiovaskular itu telah menjadi penyebab kematian utama warga negara Indonesia dengan total persentase sebanyak 33,80 persen.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Eva Susanti, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca Juga: Simak, Berikut Tips Sehat Jalani Puasa Bagi Penderita Penyakit Jantung

Disampaikan saat Konferensi pers saat peringatan Hari Jantung 2023 secara daring di Ibukota Jakarta pada Senin, 25 September 2023 lalu.

"Penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah penyakit stroke dengan 19,42 persen dan jantung iskemik (serangan jantung) dengan 14,38 persen," ungkap Eva.

Kedua penyakit kardiovaskular tersebut juga menjadi pembunuh yang menyita perhatian Dunia dari tahun ke tahun.

Baca Juga: 5 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tetapi, persentase kematian akibat serangan jantung (Jantung Iskemik) di Dunia lebih tinggi dari penyakit stroke.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: dinkes.acehprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x