Waspadai Perubahan Berat Badan Anda! Indikasi Gangguan Kesehatan, Simak Pesan Dokter Spesialis Gizi

- 4 November 2023, 11:00 WIB
orang yang memiliki berat badan berlebihan
orang yang memiliki berat badan berlebihan / pexels/

PRIANGANTIMURNEWS - Dr Wina Sinaga, spesialis dan konsultan gizi Klinis di RSCM, menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap perubahan berat badan yang drastis dan tidak terencana sebagai indikator potensi masalah kesehatan.

“Jika terjadi perubahan berat badan yang tiba-tiba dan signifikan, itu adalah tanda bahaya yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap kondisi kesehatan yang mendasarinya,” kata dr Wina di Jakarta, pada Jumat 3 November 2023.

Dia memberikan contoh individu dengan metabolisme sangat tinggi yang mengalami penurunan berat badan awal sebesar 5-10% dalam jangka waktu tiga bulan tanpa sebab yang jelas.

Baca Juga: IKIAD Tasikmalaya Dorong Program Posyandu Diantaranya Perbaikan Gizi Anak

Misalnya, jika seseorang dengan berat badan awal 80 kilogram tiba-tiba turun delapan kilogram, hal ini akan menimbulkan kekhawatiran mengenai potensi penyakit yang mendasarinya.

“Hal ini bisa jadi disebabkan oleh infeksi, kanker, atau penyakit autoimun. Penurunan berat badan drastis yang tidak terduga ini bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan,”ujarnya.

Kehati-hatian yang sama berlaku bagi mereka yang mengalami peningkatan berat badan secara tiba-tiba dan drastis tanpa tindakan yang direncanakan, yang sering kali disebabkan oleh pilihan gaya hidup mereka.

Baca Juga: Khifayati Nursetiana: dalam Melahirkan Generasi Emas Kebutuhan Gizi Anak Sangat Penting

Wina mencontohkan, kebiasaan gaya hidup tersebut antara lain jarang melakukan aktivitas fisik, terlalu lama duduk di depan komputer, atau menonton televisi sambil menikmati camilan berkalori tinggi dan tinggi gula.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x