Orang Terlihat Ceria Bisa Jadi Punya Masalah Serius dalam Mental Pribadinya

- 14 Desember 2023, 11:20 WIB
Ilustrasi seorang anak perempuan sedang tertawa lepas.
Ilustrasi seorang anak perempuan sedang tertawa lepas. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Direktur Utama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional, Dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ, membagikan insight kekinian tentang kesehatan mental.

Menurutnya, orang yang selalu ceria dan humoris bisa aja jadi punya masalah serius dalam urusan kesehatan mental. Justru, kondisinya bisa lebih kompleks dibandingkan dengan orang lain.

"Jadi, ini kayaknya masuk ke dalam istilah masked depression, alias depresi yang terselubung gitu, dan sebenernya, rasanya lebih menyakitkan," ungkapnya saat sharing di acara online hari Senin 11 Desember 2023.

Baca Juga: Aneh! Ditanya Kasus Ponpes Al-Zaytun: Menag Yaqut Malah Tertawa dan Enggan Memberi Komentar

Nova, yang juga psikiater kece dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, bilang orang dengan kepribadian kaya gini, tapi punya depresi, bipolar, atau masalah kesehatan mental lainnya yang enggak keliatan, biasanya bakal nutupin perasaannya.

"Jadi mereka suka nyembunyiin perasaan, deh, biar enggak keliatan sama orang lain. Tapi, ternyata, itu malah bisa bikin kondisinya makin parah, loh," jelas Nova.

Nova pun mengingatkan, kalau orang-orang di sekitar kita perlu banget waspada, khususnya sama yang punya depresi terselubung.

Baca Juga: Nikita Mirzani Resmi Ditahan, Najwa Shihah Dibuat Tertawa!? Artis Senior Lainnya Ungkap Senang! Cek Faktanya

"Kita enggak boleh cuek, karena bisa aja berakhir tragis, kayak nyampe tahap gak mau hidup lagi gitu," ujarnya.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x