Mau Diet, Ini Lima Manfaat Minum Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan

- 10 Januari 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi - Madu dan Lemon
Ilustrasi - Madu dan Lemon /KarawangPost/Foto/Pixabay - onefox

PRIANGANTIMURNEWS - Buah Lemon tentu sudah tidak asing lagi di masyarakat. Hampir setiap hari bisa ditemui, baik untuk minuman maupun lainnya.

Namun tahukah anda di balik kesegarannya bila disedu dengan es dan di minum siang hari, lemon juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Terutama bagi anda yang tengah menjalankan program diet, air lemon dipercaya bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Manfaat lemon bisa untuk diet, didukung pernyataan Cleveland Clinic yang menyebut minum air lemon dapat membantu mengendalikan bobot tubuh.

Baca Juga: Berita Zodiak Scorpio di Bulan Januari 2024, Energi Positif Dan Tantangan Yang Perlu Diwaspadai

Sebagaimana dilansir dari laman Eat This Not That, Rabu 10 Januari 2024 pakar gizi yang juga merupakan pelatih nutrisi olahraga bersertifikat di EHProject menyebut lima alasan air lemon baik untuk upaya penurunan berat badan. Berikut penjelasannya:

1. Seimbangkan Kadar Gula Darah
Kombinasi senyawa alami lemon, termasuk serat larut, dapat menstabilkan kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa lemon adalah makanan dengan indeks glikemik rendah sehingga minum air lemon dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam Food Technology & Biotechnology menyebutkan air lemon meningkatkan produksi cairan dan enzim pencernaan. Efek ini menyebabkan proses pencernaan lebih lancar dan penyerapan nutrisi oleh tubuh menjadi lebih baik.

Baca Juga: Sijago Merah Kembali Eksis Melalap 3 Lapak Barbek di Cakung, Jakarta Timur, Kerugian Capai 800 Juta

3. Meningkatkan Energi
Ulasan tahun 2019 menyebut kombinasi hidrasi yang tepat dan sifat alami lemon dapat menambah tingkat energi sepanjang hari. Tingkat energi yang terjaga memungkinkan seseorang melakukan lebih banyak aktivitas fisik dan membakar lebih banyak kalori.

4. Melancarkan Metabolisme
Penelitian menunjukkan, kombinasi hidrasi dan senyawa alami dalam lemon, seperti polifenol, dapat berkontribusi pada peningkatan laju metabolisme. Metabolisme yang lancar dan efisien sangat penting untuk membakar kalori dan mendukung upaya penurunan berat badan.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x