Waspada Kelebihan Minyak di Zona T, Mengakibatkan Masalah Kulit Sekitar Wajah, Ini Penyebabnya!

- 21 Februari 2024, 14:04 WIB
Perawatan wajah sebelum tidur agar segar,awet muda, dan cantik/
Perawatan wajah sebelum tidur agar segar,awet muda, dan cantik/ /freepik

PRIANGANTIMURNEWS - Kulit wajah berminyak adalah kondisi di mana kelenjar minyak (sebaceous glands) menghasilkan sejumlah minyak yang lebih banyak dari yang diperlukan, menyebabkan kilau berlebihan, pori-pori yang membesar, dan kadang-kadang dapat berujung pada masalah kulit seperti jerawat.

Dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup yang sehat, kulit wajah berminyak dapat diatasi dan dirawat dengan baik untuk mencapai tampilan yang lebih sehat dan segar.

Minyak pada zona-T wajah, termasuk dahi, hidung, dan dagu, cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan bagian lainnya dari wajah.

Baca Juga: Ramuam Herbal Anti Ribet Atasi Tulang Keropos, Resep dari dr. Zaidul Akbar, Silahkan Dicoba

Kelebihan minyak di zona ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti pori-pori tersumbat atau timbulnya jerawat.

Menurut laporan yang dipublikasikan pada Jumat, 16 Februari 2024, oleh situs berita Live Science, penyebab utama kelebihan minyak di zona-T adalah adanya kelenjar sebasea.

Zona-T, yang melibatkan dagu, hidung, juga dahi, memiliki jumlah kelenjar sebasea yang lebih besar dibandingkan dengan area lain di wajah.

Baca Juga: Kalian Suka Sarapan? Ada Menu Makan Pagi Yang Tepat, Ayo Simak Ulasan Berikut!

Kelenjar sebasea ini adalah struktur yang bertanggung jawab untuk memproduksi sebum, suatu zat berminyak. Faktor-faktor seperti usia, faktor genetik, tingkat hormon, dan penggunaan produk perawatan kulit dapat memengaruhi produksi sebum di zona-T, menurut penjelasan dari ahli dermatologi bersertifikat, Dr. Gregory Papadeas.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x