Kalian Suka Sarapan? Ada Menu Makan Pagi Yang Tepat, Ayo Simak Ulasan Berikut!

- 21 Februari 2024, 06:22 WIB
Ilustrasi Makanan Kaya Protein yang akan Membantu Anda Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi Makanan Kaya Protein yang akan Membantu Anda Menurunkan Berat Badan /tlife

PRIANGANTIMURNEWS - Sarapan yang mengandung banyak protein dapat memberikan sensasi kenyang yang lebih lama dan meningkatkan fokus, seperti yang terungkap dalam penelitian Denmark yang dipublikasikan dalam Journal of Dairy Science.

Kehadiran protein dalam tubuh sangat penting untuk mendukung pertumbuhan serta perbaikan.

Asam amino, yang merupakan komponen pembentuk protein, berperan dalam pembangunan dan peremajaan otot serta tulang, produksi hormon dan enzim, serta menyediakan energi saat diperlukan.

Baca Juga: Sering Mengalami Sakit Pinggang? Atasi Dengan Rebusan Daun Sirsak, Obat Alami dari dr. Zaidul Akbar

Berbagai sumber protein yang dapat diandalkan meliputi ikan, daging, produk susu, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, juga polong-polongan.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Dairy Science menunjukkan bahwa sarapan berbahan dasar susu, kaya protein, dengan rendah karbohidrat akan mendorong meningkatkan rasa kenyang tanpa berdampak pada total asupan energi harian.

Dari laporan Medical Daily, penelitian tersebut juga mencatat bahwa mereka yang mengkonsumsi diet tinggi protein menunjukkan kinerja kognitif yang sangat baik dalam tes konsentrasi sebelum santap makan siang dibandingkan mereka yang sarapan dengan tingkat protein rendah dan karbohidrat tinggi, serta mereka yang melewatkan sarapan.

Baca Juga: Mudah Kelelahan Saat Beraktifitas? Dr. Zaidul Akbar Rekomendasikan Resep Minuman Herbal Ini, Bisa di Coba

Salah seorang penulis bernama Mette Hansen, penelitian ini, menyatakan bahwa hasil penemuan menunjukkan bahwa sarapan yang kaya akan protein dengan skyr (produk susu asam) serta oat akan meningkatkan rasa kenyang serta konsentrasi pada peserta, tanpa mengurangi asupan energi dengan keseluruhan, jika dibandingkan dengan opsi melewatkan sarapan maupun mengkonsumsi sarapan yang kaya karbohidrat.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x