Terserang Wasir? Jangan Panik, Rubah Sedikit Pola Makan, Ikuti Anjuran Sederhana Ini!

- 6 April 2024, 19:48 WIB
Ilustrasi seorang pria sedang merasakan sakit wasir dan sembelit.
Ilustrasi seorang pria sedang merasakan sakit wasir dan sembelit. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS - Wasir sering kali menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit terutama saat melakukan buang air besar, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mencegah wasir, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat. Anda dapat meningkatkan asupan serat dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran.

Jika Anda tidak terbiasa mengkonsumsi banyak buah dan sayur, disarankan untuk meningkatkan asupannya secara bertahap dan minumlah cukup air.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Lima Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Tubuh

Air juga berperan penting dalam mencegah sembelit, mirip dengan serat. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari, sekitar 1,5 hingga 2 liter, termasuk dari minuman dan makanan seperti kuah sayur dan buah-buahan

Selain itu, hindari makanan atau minuman yang mengandung tinggi tanin, seperti buah-buahan yang memiliki rasa pahit atau teh yang pekat.

Sebagian besar jenis buah mengandung serat yang berlimpah, juga sebenarnya bermanfaat untuk mencegah sembelit. Namun, perlu diingat bahwa jenis salak sepat sebaiknya dihindari.

Baca Juga: Menjaga Pola Makan Selama Puasa Ramadhan, Simak Apa Kata Pakar Gizi!

Salak yang tidak berduri, misalnya salak pondoh yang terkenal itu, tidak termasuk dalam daftar buah yang harus dihindari.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: SajianSedap.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x